Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Innova Monster Pakai Mesin Supra

Kompas.com - 02/12/2018, 11:33 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini Toyota Innova lebih dikenal sebagai mobil untuk keluarga dengan berbagai fitur kenyamanan. Modifikasi mobil ini pun jarang terlihat terutama yang menyentuh perubahan mesin.

Namun ada yang berbeda dari unit Toyota Innova V Luxury milik Dimas Arki yang Kompas.com temui beberapa minggu lalu. Mobil yang harusnya menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc ini diganti mesinnya dengan mesin legendaris 2JZ-GTE.

Mesin tersebut adalah mesin Toyota Supra yang jelas-jelas bertenaga lebih besar dari mesin standar Innova. Ide Dimas ini dapat terwujud berkat dimensi ruang mesin Innova yang luas dengan konfigurasi mesin yang menghadap depan.

Mesin yang dikenal di dunia modifikasi tersebut sejatinya dapat mengeluarkan tenaga hingga 227 tk pada 5.800 rpm dan torsi 283 Nm pada 3.800 rpm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 7-percepatan milik Nissan 350Z. 

Baca juga: Komunitas Innova Peduli Lingkungan dan Pendidikan

Toyota Innova bermesin Toyota SupraKompas.com/Setyo Adi Toyota Innova bermesin Toyota Supra

Tambahan performa didapat dari penggunaan turbo milik HKS dan ECU merek Haltech.  Intercoolernya menggunakan ETS, timing belt merek HKS dan radiator racing merek Koyorad dipasang untuk memastikan mesin ini bekerja optimal.

Mesin monster ini jelas butuh kaki-kaki yang mumpuni. Innova ini dipasangkan pelek Volksrays TE3700 18 inci dengan ban balap Advan Neova 245/45. Bagian suspensinya menggunakan Tein Basic Coilover.

Sistem pengereman menggunakan produk Alcon 6-pot di depan dan 4-pot di belakang. Cakram berdiameter 355 mm dipasangkan di depan dan belakang.

Meski modifikasi tekniknya cukup serius, tampilan Sleeper MPV ini dipertahankan cukup minimalis. Sayang sang pemilik tidak memberitahukan berapa biaya yang ia habiskan untuk memodifikasi Innova ini.

Spesifikasi Innova bermesin Toyota SupraKompas.com/Setyo Adi Spesifikasi Innova bermesin Toyota Supra

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com