Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Wanita Indonesia Ini Berlaga di Jepang Pakai Yaris

Kompas.com - 25/11/2018, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alinka Hardiyanti, pebalap wanita dari Toyota Team Indonesia (TTI) dan TRD Indonesia melaju ke babak final ajang Toyota Gazoo Racing 2018  di sirkuit Fuji Speedway Tokyo Jepang, Sabtu (24/11/2018). Alinka berlaga di kelas The Netz Cup Vitz Race dengan mencatatkan waktu 2’18.029 untuk melaju ke final.

Menggunakan Toyota Vitz (nama lain Yaris), Alinka melahap tikungan di Fuji Speedway dengan percaya diri. Alinka yang didampingi Rio Haryanto dan Haridarma Manoppo sebagai mentor menunjukkan kepiawaiannya di penampilannya yang kelima ini.

“Semangat untuk meraih hasil yang terbaik memotivasi Alinka senantiasa belajar dari tantangan-tantangan yang pernah dihadapi. Selamat atas hasil yang diraih dan semoga menorehkan prestasi di final race nanti,” ucap Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto dalam keterangan resminya, Sabtu (24/11/2018).

Toyota Gazoo Racing sendiri adalah event one make race internasional bagi pebalap Toyota dari berbagai negara untuk menguji kemampuan mereka. Ajang yang diselenggarakan Toyota Cars Race Association ini diawali sesi latihan dan kualifikasi serta final race.

Baca juga: Upaya Toyota Genjot Penjualan Rush di Ibu Kota

Alinka mendapat arahan dari mentor Rio Haryanto untuk berlaga di Toyota Gazoo Racing 2018TTI-TAM Alinka mendapat arahan dari mentor Rio Haryanto untuk berlaga di Toyota Gazoo Racing 2018

Keikutsertaa TTI ini menjadi wujud komitmen TAM dalam mengembangkan dunia motorsport nasional untuk berprestasi di kancah internasional. Kegiatan ini juga bagian dari pengembangan produk untuk mendapatkan pengalaman baru dengan modifikasi kendaraan yang nanti akan diaplikasikan pada kendaraan produski.

Toyota Racing Development (TRD) Indonesia juga mendukung kegiatan ini. TRD Indonesia berupaya menghadirkan mobil-mobil yang tidak hanya nyaman di jalan raya tapi juga tangguh di lintasan balap.

Alinka sudah mengikuti kegiatan ini sejak 2016 lalu. Prestasi pebalap wanita tersebut tahun ini cukup banyak terutama di ajang Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 Max ISSOM. Ia menjadi satu-satunya pebalap wanita di luar Jepang yang lolos kualifikasi dan berhak tampil di Toyota Gazoo Racing kelas The Netz Cup Vitz Race.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com