Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jaga Rem Mobil Supaya Lebih Awet

Kompas.com - 25/10/2018, 12:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjaga komponen rem mobil supaya lebih lama usianya, ternyata ada caranya. Menarik, pasalnya pemilik kendaraan jadi bisa menunda pengeluaran buat penggantian partnya, dan mobil jadi nyaman juga dikendarai.

Soal tipsnya Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan mencoba berbagi. Setidaknya ada beberapa hal sederhanya yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan.  

Pertama, usahakan untuk tidak melewati genangan air atau lumpur, supaya mencegah kotor dan lengket pada komponen rem.

Kedua, gunakan suku cadang asli karena spesifikasi sesuai, sehingga tidak mengakibatkan bunyi ataupun disc brake terkikis.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Ketiga, jangan sering menekan pedal rem bersamaan dengan gas sekaligus, di mana ini biasanya terjadi pada mobil bertransmisi otomatis.

Keempat, pastikan kualitas dan kuantitas minyak rem, agar efektifitas dan efisiensi pengereman baik, dan dengan spesifikasi yang sesuai.

Terkait penggantian rutin sendiri, kanvas rem untuk matik sendiri umumnya pada 20.000 km sekali atau satu tahun,  sedangkan manual 40.000 km atau dua tahun.

“Namun itu tak bisa jadi patokan, masih tergantung dari pemakaiannya sendiri,” tutur Nurrahman kepada KOMPAS.com, Senin (15/10/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com