Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Balap Dipakai buat Kendaraan Harian

Kompas.com - 25/10/2018, 12:21 WIB
Azwar Ferdian

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejatinya pelumas yang digunakan buat kebutuhan balap, memang dirancang khusus untuk mobil atau sepeda motor spesifikasi racing. Lalu, mungkinkah oli dengan spek balap ini dipakai buat harian?

Jawabannya ternyata bisa. Pelumas asal Jepang, Moty's, yang biasa dipakai untuk keperluan balapan, bisa dipakai untuk harian. Hidekazu Maruyama, CEO Moty's Tribo Japan Co, menjelaskan, pelumas Moty's dirancang dengan formulas sintestis dengan titik didih tinggi, jadi lebih tahan panas.

"Moty's menggunakan formula khusus. Kami tidak pakai standar viskositas atau kekentalan SAE atau API seperti oli pada umumnya, ada standar Jepang sendiri (JASO) yang digunakan. Di Jepang, Moty's dikenal sebagai oli balap tapi bisa dipakai untuk harian," jelas Maruyama, Rabu (24/10/2018).

Baca juga: Pelumas Sintetis buat Transmisi Skutik Premium Honda

Moty's baru saja hadir di Indonesia dengan menggandeng PT Tunas Putra Lajutama sebagai distributor resmi. Moty's Indonesia membidik segmen penghobi kendaraan dengan kubikasi mesin besar, seperti supercar serta moge dengan cc di atas 250 cc.

"Untuk mobil, segmen kami mobil dengan mesin performa tinggi. Moty's membidik kalangan penghobi mobil super atau sport, serta pecinta moge di Indonesia," jelas Tansri SB, Direktur PT Tunas Putra Lajutama.

Di segmen pelumas racing Indonesia, sudah ada merek seperti Castrol atau Motul. Moty's Indonesia sendiri belum merilis harga resmi buat pelumas ini, hanya kisaran harga untuk pelumas mobil dibanderol Rp 2,5 juta per empat liter. Sedangkan buat pelumas motor Rp 400.000 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com