Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaaan Sederhana Antara Torsi dan Tenaga

Kompas.com - 17/10/2018, 13:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada data spesifikasi produk mobil di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, kerap menemukan istilah tenaga (power) dan torsi. Namun, sebenarnya, apa sih maksud kedua kata tersebut?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, torsi itu merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan  power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

Apabila definisi tersebut telalu teknis, Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) mencoba membuatnya lebih ringan.

Baca juga: Tips Berkendara Agar Mobil Irit BBM

“Agar mudah memahaminya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak,” ucap Didi kepada KOMPAS.com, Selasa (16/10/2018).

Terkait dengan satuannya sendiri, Anjar dan Didi menyebutkan, untuk torsi Newton (Nm) atau Kgm. Sementara untuk tenaga ada horsepower (HP) bisa juga PS (dari bahasa jerman Pferdestärke).

Terkait pemilihan mana yang lebih baik, torsi besar atau tenaga besar, Didi menyebutkan, itu tergantung dari kebutuhan berkendara. Namun rata-rata untuk kendaraan komersial yang cenderung bawa muatan banyak, dibutuhkan torsi besar.

Sedangkan, untuk mobil-mobil balap, biasanya punya tenaga besar sampai ratusan Hp, karena memang mengejar kecepatan tertinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com