Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Luncurkan Layanan "SMS Gateway"

Kompas.com - 29/09/2018, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memberikan layanan terhadap peristiwa seputar lalu lintas, Polda Metro Jaya siap meluncurkan SMS Gateway, akhir 2018 mendatang. Melalui inovasi ini, nantinya masyarakat bisa langsung melaporkan kejadian seputar lalu lintas, termasuk insiden tabrak lari.

"Ini jadi inovasi yang nanti akan kita luncurkan. Untuk saat ini kepolisian lebih dulu melakukan electronic registration and indentification (ERI) jutaan kendaraan di Jakarta. Jika tidak ada halangan mungkin akhir tahun SMS Gateway diluncurkan," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, Jumat (28/9/2018).

Yusuf menjelaskan, bila aplikasi ini nantinya akan menjadi layanan SMS satu pintu berlalu lintas. Namun pekerjaan rumah terbesar saat ini adalah mendorong proses daftar ulang kendaraan untuk kebutuhan database yang valid.

Baca juga: Ada E-TLE, Ada Usulan Tak Perlu Lagi Sidang Tilang

Bila terjadi kasus tabrak lari, masyarakat bisa langsung mengirim pelat nomor kendaraan pelaku ke operator. Selang beberapa menit kemudian, server melalui program akan membalas pesan tersebut, berikut data pemilk kendaraan hingga alamat tinggal sesuai BPKB kendaraan.

Tabrak lari.mattsharplaw.com Tabrak lari.

Kondisi ini juga berguna bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan data mengenai kendaraan yang dimilikinya. Dengan begitu, masyarakat bisa mudah mengakses tanpa perlu datang ke kantor polisi.

“Zaman sekarang orang lebih banyak punya handphone dibanding yang tidak. Teknologi kian canggih, karena itu kami terus berinovasi salah satunya menciptakan pelayanan serba IT,” ujar Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com