Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Punya "Nakhoda" Baru

Kompas.com - 26/09/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Efektif per 1 Desember 2018 Isaoki Sekiguchi resmi menjadi Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI). Sekiguchi menggantikan Eicchi Koito yang akan kembali ke Mitsubishi Motors di Jepang.

Sekiguchi akan berbasis di Jakarta, dan bertugas melaporkan kondisi di Tanah Air kepada Vincent Wijnen, Senior Vice President & Head of Sales & Marketing Nissan Motor Asia Pacific.

"Dia memiliki catatan kinerja tinggi yang konsisten dan pengalaman luas di industri otomotif dan di Nissan,” kata Yutaka Sanada, Regional SVP Head of OC-ASEAN & Ocania Nissan Motor Co Ltd dalam siaran resmi, Rabu (26/9/2018).

Tugas baru Sekiguchi, yaitu bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis, mengelola pengenalan produk, dan secara signifikan meningkatkan kehadiran serta aksesibilitas Nissan dalam mengejar ambisi menjadi pemain utama di sektor otomotif di Indonesia.

Ia juga akan bertanggung jawab atas pengelolaan manufaktur di Indonesia. "Saya senang memiliki pemimpin kuat seperti dia bergabung dengan kami untuk mempercepat kemajuan Nissan di pasar yang dinamis seperti Indonesia," kata Sanada.

Baca juga: Masa Transformasi, Nissan Rela Jualan Turun

Secara data, pria asal Jepang itu bergabung dengan Nissan pada 2014, dan bertugas di Afrika, Timur Tengah, dan wilayah India. Saat ini menjabat sebagai Regional Vice President, dengan tanggung jawab utama, menciptakan dan menerapkan strategi untuk mencapai pertumbuhan jangka menengah, sekaligus mengeksplorasi peluang dengan mitra aliansi (Renault dan Mitsubishi Motors) di wilayah itu.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Managing Director untuk Nissan Afrika Utara, dan Mesir, untuk mengawasi strategi serta kinerja keseluruhan termasuk pabrik di Kairo. Sebelum bekerja di Nissan, ia bekerja di perusahaan perdagangan besar di Jepang, Sumitomo Corp, selama 20 tahun, di sektor bisnis otomotif.

Sekiguchi memiliki gelar master Administrasi Bisnis dari Darden Business School, University of Virginia, dan gelar sarjana Hubungan Internasional dari University of Tsukuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com