Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Menjelang, Jangan Sampai Karet Kaca Meradang

Kompas.com - 21/09/2018, 15:42 WIB
Aris F Harvenda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com - Hujan sudah mulai mengguyur di beberapa kota di Tanah Air. Ada baiknya pengguna mobil coba memeriksa beberapa komponen yang rentan rusak saat terkena hujan.

Salah satunya adalah melakukan pengecekan pada bagian-bagian mobil yang menggunakan bahan karet, seperti pada lis pintu atau bagian lain.

Baca juga: Begini Cara Benar Rawat Kaca Helm

"Biasanya baru ketauan ada masalah saat musim hujan. Tiba-tiba air merembes deras ke kabin," ucap Husein dari bengkel karet NJ 35 Motor, Duren Sawit.

Kerusakan pada karet-karet di mobil, lanjut Husein, bisa rusak akibat sudah getas karena usia. Namun penyebab terbesar adalah karena cara penyimpanan mobil yang tidak tepat.

Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.Ghulam/Otomania Perawatan karet mobil harus dilakukan berkala, agar awet usianya.

"Mobil yang gemar berdiam di tempat yang terkena sinar matahari langsung lebih cepat usia karetnya karena karet lebih cepat getas," ucap Husein.

Baca juga: Pilihan Setir Mobil “Steering Switch” Copotan OEM

Untuk memperpanjang umur, bagian karet pada mobil dapat diberi cairan silikon. Langkah tersebut bisa membuat elastisitas karet dan kemampuan mencegah masuknya air lebih terjaga.

Harga penggantian karet pada mobil jenis Avanza dipatok sekitar Rp 75.000 untuk satu bagian pintu. Untuk model Innova yang lebih besar dibanderol Rp 125.000 untuk bagian yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com