Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan "Macan" Inggris Seharga Rp 475 Juta

Kompas.com - 16/08/2018, 13:14 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan pasar sepeda motor petualang, PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai distributor resmi Triumph resmi meluncurkan New Tiger 800 XCX.

Moge adventure berdarah Inggris ini datang dengan beragam penyempurnaan, Triumph mengklaim ada 200 perubahan pada sisi engine dan sasisnya.

Lantas apa saja yang baru dari motor yang pasarkan dengan harga Rp 475 juta off the road Jakarta, mengingat di segmen harganya, Macan Inggris ini juga menjadi rival bagi BMW F 850 GS dan Honda Africa Twin.

Dari sisi tampilan, tidak banyak yang berubah dari model sebelumnya. Tapi untuk menyegarkan suasana, ada beberapa penambahan piranti, seperti lampu depan yang sudah mengaplikasi full LED untuk meningkatkan visibilitas berkendara.

Windshield yang bisa disetel dalam lima posisi, kaca spion, dan posisi setang yang dibuat lebih ergonomis dengan dimundurkan 10 mm ke belakang.

Baca juga: Triumph New Tiger 800 XCX Dibanderol Rp 475 Juta

Impresi awal Triumph New tiger 800 XCXSTANLY RAVEL Impresi awal Triumph New tiger 800 XCX

Paling dominan adalah spedometer dengan tampilan layar Thin Film Transistor (TFT) terbarunya. Dengan layar ini, pengendara bisa dengan mudah mengakses dan memantau semua informasi pada motor, mulai dari kecepatan, tachometer, konsumsi bahan bakar, bahkan keterangan cahaya pada layar serba otomatis yang bisa menyesuaikan pencahayan di beragam kondisi.

Dari sisi performa, Tiger 800 XCX mengusung mesin 800 cc tiga silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 95 PS. Teknisi telah meng-upgrade sistem transmisi pada putaran bawah yang dibuat lebih pendek agar menghasilkan traksi yang responsif.

Semetara karakter agresif sebagai dihadirkan melalui raungan knalpot yang lebih nyaring berkat material gas buang yang dibuat lebih ringan.

Impresi awal Triumph New tiger 800 XCXSTANLY RAVEL Impresi awal Triumph New tiger 800 XCX

Pembenahan pada sekotr kaki-kaki juga dilakukan guna membuat nyaman pengendara saat melintas di jalan on ataupun off road. Suspensi ditopang dengan WP/Showa yang memiliki kontrol traksi, sistem pengereman di dukung dengan anti lock braking system (ABS), menariknya lagi tempat duduk bisa disesuaikan antara 840-860 mm.

Baca juga: Mulai Serius, Triumph Mau Lebarkan Sayap di Indonesia

Masuk ke sisi fitur. Layaknya sebuah mobil khas Eropa, Triumph New Tiger 800 XCX dibekali dengan ragam fitur mewah yang bisa memanjakan pengendara, mulai dari cruise control yang kini lebih mudah di digunakan, sampai pemanas jok dan grip. Paling baru adalah pilihan mode berkendara yang kini telah ditambah dengan mode off road pro untuk memberikan pengalaman yang lebih saat memacunya di medan terjal.

Impresi awal Triumph New tiger 800 XCXSTANLY RAVEL Impresi awal Triumph New tiger 800 XCX

Direktur PT GAS Yudi Yulianto, mengatakan untuk saat ini ada 29 unit New Tiger 800 XCX yang sudah tersedia bagi konsumen. Unit berikutnya akan dikirim sesuai antrian inden.

“Saat Triumph New Tiger 800 XCX ada 29 unit di Indonesia, bila itu habis selebihnya akan ada inden. Konsumen  yang ingin melihat lebih detail atau mencoba bisa langsung datang ke dealer Triumph, kami juga sudah menyipakan semua aksesori dari motor ini," ucap Yudi, Rabu (15/8/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com