Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Performanya Makin Memburuk, Apa Kabar Vinales?

Kompas.com - 15/08/2018, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan pebalap emas Suzuki pada 2016 lalu Maverick Vinales, yang kemudian dipinang Yamaha untuk menggantikan posisi Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati ada 2017, sedang mengendur.

Musim ini namanya tak lagi seharum ketika awal-awal musim pertama kepindahannya ke tim pabrikan berlambang garpu tala.

Coba melihat dari data klasemen sementara sebelas seri di mana terakhir di Austria, hanya berada di urutan kelima, dengan raihan 113 poin saja. Di mana pada posisi pertama sampai keempat ada Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Padahal jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu, dirinya berhasil memperoleh poin sampai 150, dan menempati posisi ketiga klasemen, di belakang Marquez dan Dovizioso.

Protes

Vinales pada awal-awal musim sudah mengeluhkan soal sepeda motornya, di mana disebut tak lebih baik dari setelan musim 2017. Ini dilontarkannya pasca menjalani tes pra musim di Qatar.

Baca juga: Manajemen Yamaha Minta Maaf ke Rossi dan Vinales

Dua pebalap tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.
CRASH.NET Dua pebalap tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Bukan semakin membaik, Vinales malah terus mengkritik performa tunggangannya pasca GP Perancis. Dirinya menyebutkan masalah ada di sisi elektronik, yang membuatnya tak bisa menangani tikungan dengan maksimal.

Kembali belum puas, dirinya malah berprasangka timnya tak lebih baik dari miliknya Rossi. Bahkan menuntut untuk mengubah metode kerja.

Sampai terakhir di seri ke-11 GP Austria, dirinya harus terpuruk dengan hanya berhasil finish di urutan ke12, dan hanya mendapat 4 poin. Dirinya kembali mengeluhkan soal motor.

"Ini lebih buruk dari biasanya. Ada masalah di sana tapi saya tidak bisa menyelesaikannya. Saya mencoba dengan menyesuaikan gaya berkendara tetapi tidak mungkin,” ujar Vinales dari Motorsport.com, Selasa (14/8/2018).  Dirnya hanya berharap kalau di seri berikutnya di Silverstone, Inggris, kondisinya sudah mulai membaik.

Pihak manajemen Yamaha sebelumnya pasca kualifikasi GP Austria mengungkapkan permintaan maaf kepada kedua pebalapnya, karena kehilangan akselerasi.

Namun memang musim 2018 masih belum berakhir, kita nantikan saja gebrakan tim Yamaha selanjutnya.

Vinales

2018

2017

Seri 1

10

25

Seri 2

11

25

Seri 3

20

0

Seri 4

9

10

Seri 5

9

25

Seri 6

8

20

Seri 7

10

6

Seri 8

16

0

Seri 9

16

13

Seri 10

0

16

Seri 11

4

10

Total

113

150

Posisi

5

3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com