Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Aman Berkendara Ketika Terjadi Gempa

Kompas.com - 08/08/2018, 15:11 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pengguna kendaraan bermotor harus tetap waspada ketika terjadi gempa bumi. Meski sedang di dalam mobil atau naik sepeda motor, tetap harus mencari tempat aman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sebagai contoh, kejatuhan barang dari reruntuhan gedung, jembatan, billboard, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), saat gempa langsung mencari daerah yang benar-benar aman.

"Misal ke tempat yang tidak ada gedung atau lapangan bola, dan jangan diam di bawah fly over, billboard, karena bisa tertimpa reruntuhan," kata Jusri ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Baca juga: Menengok Pusat Pelatihan Safety Riding Honda di Pekanbaru

Usai itu, lanjut Jusri, buat yang berada di mobil harus segera keluar, begitu juga di motor, segera tinggalkan kendaraan dan mencari tempat aman. Hal tersebut untuk memastikan keamanan, dan boleh beraktivitas lagi jika sudah tidak terjadi gempa di sekitar.

"Intinya jangan panik, jadi ketika ada indikasi gempa segera mencari tempat yang benar-benar aman, dan harus dalam ruang terbuka," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com