Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Evaluasi, Hanya 7 Pintu yang Ditutup saat Asian Games

Kompas.com - 03/08/2018, 11:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan ragam uji coba, akhirnya beberapa kebijakan transportasi jelang penyelenggaraan Asian Games mendapat perubahan. Penyesuaian ini meliputi manajemen rekayasa lalu lintas (perluasan kebijakan ganjil-genap dan kebijakan penutupan pintu tol) serta pengaturan lalu lintas angkutan barang golongan III-V.

Paling signifikan adalah rencana penutupan pintu tol. Bila semula akan menutup 19 pintu tol secara permanen di jam-jam tertentu, kini hanya menjadi tujuh pintu tol saja yang ditutup selama Asian Games.

"Penyesuaian kebijakan dilakukan berdasarkan evaluasi dari berbagai uji coba yang telah dilakukan. Pertimbangan teknis dan kekuatan sumber daya serta masukan berbagai pihak merupakan hal yang menjadi pertimbangan sehingga perlu penyesuaian dari kondisi kebijakan ideal yang diusulkan," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, dalam siaran resminya, Kamis (2/8)2018).

Baca juga: Mulai Ada Sanksi, Begini Opsi Hindari Perluasan Ganjil-Genap

Ketujuh pintu tol yang ditutup terdiri dari Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2, dan TMII. Pintu ini akan ditutup mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Sementara tiga lagi terdiri dari arah sebaliknya, yakbu yakni, Angke 1, Slipi 1, dan TMII 2. Ketiga pintu akan ditutup mulai dari pukul 12.00-21.00 WIB.

Mobil yang melanggar peraturan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganji dan genap mulai dialihkan di Simpang Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018)Stanly Ravel Mobil yang melanggar peraturan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor pelat ganji dan genap mulai dialihkan di Simpang Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018)

Sementara penyesuaian terkait pembatasan angkutan barang golongan III-V yang semula tidak boleh beroperasi penuh mulai jam 05.00 – 22.00 WIB, makan akan dilakukan pembatasan secara periodik. Ruas tol Cawang-Tomang-Pluit dan ruas tol Tomang–Kembangan pada pukul 05.00 sampai 22.00 WIB. Untuk ruas tol Pelabuhan, ruas tol Cawang–Tanjung Priok, ruas tol Cawang–TMII dan ruas tol Cawang–Cikunir pada pukul 06.00 – 19.00 WIB.

“Dengan kebijakan yang mengalamipenyesuaian ini kami dengan semua stakeholder terkait akan berusaha semaksimal mungkin mendukung kelancaran transportasi selama Asian Games nanti,“ ucap Bambang.

Sedangkan untuk ganjil-genap sebelumnya sudah pernah diberitakan yakni hanya berupa pemendekan ruas yang terdampakan, yakni berupa pengurangan panjang jalan. Pertama Jl. Benyamin Sueb yang hanya menjadi 3,25 km, setelah itu Jl Metro Pondok Indah semula diberlakukan ganjil-genap sepanjang 6,69 km dipangkas jadi 3,85 km.

Plang kawasan ganjil-genap terpasang di underpass UKI, Senin (9/7/2018)STANLY RAVEL Plang kawasan ganjil-genap terpasang di underpass UKI, Senin (9/7/2018)
Baca juga: Penutupan 19 Pintu Tol Masih Tunggu Simulasi Akhir

“Kebijakan publik akan terlaksana dengan baik jika terdapat partisipasi publik, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games sudah menjadi pertaruhan nama baik bangsa, mari wujudkan partisipasi kita agar Asian Games sukses" ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com