Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Daihatsu Ini Raih Gelar "Good Design Indonesia of The Year"

Kompas.com - 20/07/2018, 09:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Low sport utility vehicle (SUV) andalan Astra Daihatsu Motor (ADM), Terios terpilih menjadi produk peraih GDI Of The Year dalam ajang Good Design Indonesia (GDI) 2018. Selain Terios, ada pula enam produk lainnya yang meraih GDI Best.

Kementerian Perdagangan menyebut ada tujuh pemenang dalam ajang GDI 2018, terdiri atas satu produk peraih GDI of the Year dan enam produk pemenang GDI Best. Para pemenang dalam ajang GDI 2018 terbagi dalam enam kategori yaitu transportasi, dekorasi rumah dan furnitur rumah, peralatan rumah tangga, elektronik, aksesori dan gaya hidup, serta grafik dan kemasan.

Trofi dan sertifikat untuk para pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda, atas nama Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, bertempat di Auditorium Kementerian Perdagangan Jakarta pada Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Daihatsu Stop Produksi Hi-Max, Demi Terios-Rush!

"Melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan dapat mendorong munculnya produk Indonesia berbasis desain inovatif yang kemudian mendapatkan pengakuan global untuk bersaing di dunia internasional," kata Arlinda lewat keterangan tertulis Kemendag.

Logo kompetisi Good Design Indonesia (GDI) 2018.id-designmark.org/gda Logo kompetisi Good Design Indonesia (GDI) 2018.

Arlinda menyebut ketujuh produk pemenang GDI 2018 ditentukan melalui penjurian tahap I telah dilaksanakan pada 24—25 Mei 2018 di Indonesia Design Development Centre (IDDC) Jakarta. Pada tahap ini tim juri memutuskan 134 dari 253 produk yang mendaftar dinyatakan lolos dan berhak mengikuti penjurian tahap II.

Penjurian tahap II dilaksanakan pada 3—4 Juli 2018 di Auditorium Kemendag. Penjurian tahap II ini melibatkan sembilan juri yang mewakili berbagai asosiasi dan instansi terkait desain. Para juri tersebut terdiri dari Ketua Umum Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia Dino Fabriant; Direktur Pengembangan Produk Ekspor Ari Satria; Mantan Presiden dan anggota kehormatan Asian Packaging Federation Ariana Susanti; Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Chairul Amal Septono; Kepala Divisi Technical Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Jaka Purwanto; Ketua Asosiasi Desain Grafis Indonesia Rege Indrastudianto; Anggota Badan Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat Ikatan Arsitektur Indonesia Renhata Katili; perwakilan Tama Art University Japan Hiroaki Watanabe; dan Managing Editor for Feature Desk Femina Yoseptin T Pratiwi.

Baca juga: Inden Terios Sekarang di Bawah 2 Bulan

Pemenang pada ajang GDI 2018 akan disiapkan unttuk mengikuti kompetisi desain internasional G-Mark di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com