Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pajero Sport Lengserkan Fortuner di Semester I/2018

Kompas.com - 18/07/2018, 11:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sudah jatuh tertimpa tangga, menjadi istilah yang tepat buat menggambarkan kondisi Fortuner di semester pertama 2018 ini. Model besutan Toyota ini tak hanya tergeser dari status “raja” di medium SUV, tapi juga memperoleh hasil minus.

Tidak lain dan tidak bukan, model yang berhasil melengserkan sang jawara di segmen ini adalah Pajero Sport. Meski kontribusi dari total penjualan mobil tak besar, tapi pertarungan di kelas ini menarik untuk ditengok.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), klasemen di paruh pertama 2018 memperlihatkan Pajero Sport berhasil meraih pangsa pasar 33,94 persen, dengan total perolehan 11.021 unit.

Model ini menjadi salah satu andalan Mitsubishi Indonesia setelah Xpander, yang cukup booming permintaannya di dalam negeri. Ini menjadi prestasi sendiri, lantaran dua segmen mobil penumpang sudah dikuasai merek berlambang tiga berlian ini.

Baca juga: Diborong Juragan, Pajero Sport Laris Manis di Lampung

Wholesales medium SUV semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales medium SUV semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Tak hanya itu, Pajero mengalami pertumbuhan dua digit, jika dibandingkan perolehannya di semester I/2017 lalu sebesar 30,15 persen.

Kemudian di tempat kedua ada Fortuner dengan kebagian jatah 27,94  persen, atau mendistribusikan ke dealer sebanyak 9.072 unit. Penurunan yang dialami Fortuner di pasar wholesales minus 18,25 persen, jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Sementara di posisi ketiga ada ditempati oleh CR-V dengan perolehan 5.360 unit (16,51 persen). Lalu di tempat keempat dan kelima berturut-turut yaitu Honda HR-V 1.8 sebanyak 2.818  unit (8.68 persen) dan Nissan X-Trail 719 unit (2,21 persen).

Semester pertama ini, segmen SUV medium total mengalami pertumbuhan 10,04 persen dibanding 2017 lalu. Kemudian dari sisi kontribusi juga mengalami kenaikan, dari 5,53 persen menjadi 5,86 persen (year on year).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com