Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Ratusan Kilogram Sampah Plastik untuk Touring Jakarta-Bali

Kompas.com - 26/06/2018, 10:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dimas Bagus Widjanarko adalah aktivis lingkungan yang telah memulai tur Jakarta-Bali dengan Vespa lawas berbahan bakar sampah plastik. Dimas memulai perjalanan dari Jakarta pada 19 Mei 2018, dan sudah tiba di Lumajang, Jawa Timur pada 5 Juni 2018.

Dimas menyebutkan, ada sekitar 100 kilogram sampah plastik yang telah diolahnya sebagai bahan baku BBM selama perjalanan. Bila diolah menjadi BBM, maka jumlahnya bisa mencapai 60 liter BBM dengan kadar oktan 82.

Baca juga: Tour Vespa Berbahan Bakar Sampah Sudah Sampai di Jatim

"100 kilogram setara 60 liter premium yang kadar oktannya 82. Kalau jadi minyak tanah malah bisa dapat 98 liter," kata Dimas kepada Kompas.com, Minggu (24/6/2018).

Dimas Bagus Widjanarko saat ditemui di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/5/2018). Dimas adalah aktivis lingkungan yang akan menempuh perjalanan sejauh 1.200 kilometer menyusuri Pulau Jawa dan Bali. menggunakan Vespa Super tahun 1977 yang menggunakan bahan bakar dari hasil pengolahan sampah plastik.Kompas.com/Alsadad Rudi Dimas Bagus Widjanarko saat ditemui di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (19/5/2018). Dimas adalah aktivis lingkungan yang akan menempuh perjalanan sejauh 1.200 kilometer menyusuri Pulau Jawa dan Bali. menggunakan Vespa Super tahun 1977 yang menggunakan bahan bakar dari hasil pengolahan sampah plastik.

Sepanjang perjalanan, Dimas singgah di beberapa tempat, dari mulai Bogor, Bandung, Yogyakarta, Jepara, Karimun Jawa, Pati, Surabaya, dan Blitar.

Total jarak yang sudah ditempuhnya tercatat mencapai sekitar 1.300-an kilometer.

Baca juga: Pakai Vespa Ber-BBM Sampah Plastik, Pria Ini Siap Jelajahi Jawa-Bali

Menurut Dimas, dari Jakarta dirinya hanya berbekal 30 kilogram sampah. Sedangkan sisanya dikumpulkan dari beberapa kota yang disinggahi.

Vespa lawas yang digunakan Dimas dalam perjalanan touring Jakarta-Bali dengan bahan bakar sampah plastikDimas Bagus WIdjanarko Vespa lawas yang digunakan Dimas dalam perjalanan touring Jakarta-Bali dengan bahan bakar sampah plastik

"Di Jakarta saya ngolah kurang lebih 30 kilogram. Sisanya sepanjang jalan di mana kita berhenti," kata Dimas.

Per 24 Juni 2018, Dimas sudah mulai melanjutkan kembali perjalanan ke Bali yang merupakan bagian dari kampanye #pedulisampahplastik yang dilakukan organisasinya, Gerakan Tarik Plastik (Get Plastic).

Baca juga: Jika Tiap Rumah Ada Alat Ini, Masalah BBM dan Sampah Bisa Diatasi

Ia dijadwalkan tiba di Sanur, Bali pada 30 Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com