Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-5 Ikutan Pakai Turbo

Kompas.com - 25/06/2018, 10:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumors datang dari Amerika Serikat (AS) soal Mazda CX-5 yang dikatakan bakal menggunakan mesin bensin 2.5L dengan turbo seperti kakaknya CX-9 dan sedan 6. Bila hal itu benar maka sesuai ucapan Project Manager Product Division Mazda Motor Corporation Katsuaki Sasaki saat mengunjungi Jakarta pada Maret lalu.

Sasaki pernah menjelaskan mesin 2.5L dengan dynamic pressure turbo plus konfigurasi gas buang 4-3-1 itu paling memungkinkan dipakai CX-5. Saat itu Sasaki berujar ruang mesin CX-5 mirip CX-9.

“Belum bisa bicara sekarang ini, tunggu konfirmasi selanjutnya saja, yang jelas bisa digunakan di mesin yang lebih kecil dari ini (CX-9)," kata Sasaki ketika itu.

Baca juga: Teknologi Turbo di CX-9 Bisa Diadopsi ke CX-5

Dokumen California Air Resources Board (CARB) yang beredar di internet mengindikasikan Mazda CX-5 bakal menggunakan mesin 2.5L turbo.THETRUTHABOUTCAR.com Dokumen California Air Resources Board (CARB) yang beredar di internet mengindikasikan Mazda CX-5 bakal menggunakan mesin 2.5L turbo.

Dilaporkan Thetruthaboutcars.com,  Mazda diketahui menyematkan mesin 2.5L turbo pada CX-5 lewat dokumen regulator pemerintah AS terkait emisi dan kualitas udara, California Air Resources Board (CARB). Informasi di dalamnya mengindikasikan mesin baru itu bakal dipakai pada desain CX-5 model year 2019.

CX-5 yang dijual sekarang, termasuk di Indonesia, menggunakan mesin 2.0L Skyactiv bertenaga 156 tk dan torsi 203 Nm. Selain itu ada pilihan lain, 2.5L non-turbo dengan 187 tk dan 252 Nm.

Pada CX-9, mesin 2.5L turbo menyemburkan 227 tk dan torsi 420 Nm. Sedangkan pada 6 hasilnya lebih besar sedikit, yakni 250 tk dan torsi 420 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com