Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Wajib Ekstra Hati-hati Melintasi Kali Kenteng

Kompas.com - 11/06/2018, 09:32 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KUTOARJO, KOMPAS.com - Jalur darurat Kali Kenteng di ruas jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura jadi titik kritis selama musim mudik lebaran 2018. Bagi pemudik yang melintasi jalur ini, wajib ekstra hati-hati.

Pasalnya banyak mobil pemudik yang kesulitan melintas di jalur yang punya tingkat kemiringan yang curam ini.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menyarankan mobil dengan kapasitas 1.300cc ke bawah untuk menghindari Kali Kenteng.

Baca juga: Kendaraan Berat dan Mobil Tua Dilarang Lewat Jalur Alternatif Jembatan Kali Kenteng

"Dua jenis kendaraan yang powernya terbatas, seperti LCGC atau kendaraan yang cc-nya kecil, yang hanya 1.000 cc sampai 1.300 cc, sebaiknya menghindari Kali Kenteng," kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (10/6/2018).

Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.kompas.com/ syahrul munir Kondisi tanjakan dan turunan jalur darurat jembatan Kali Kenteng, di Susukan, Kabupaten Semarang, pada hari pertama fungsionaliasi ruas tol Salatiga-Kartasura, Jumat (8/6/2018) siang.

Jusri menilai jenis mobil yang aman dibawa melintasi terjalnya Kali Kenteng hanyalah mobil berpenggerak empat roda (4WD) atau mobil dengan mesin di atas 1.500 cc.

"Kalau mobil-mobil yang powernya rendah tidak akan bisa lewat, tanpa bantuan. Mobil 1.500 cc juga kalau penuh, banyak muatan barang dan penumpang sebaiknya menghindar," ujar Jusri.

Jalur darurat Kali Kenteng dibangun khusus untuk melayani arus mudik 2018. Panjangnya sekitar 500 meter.

Baca juga: Ada Penyempitan Lajur, Pemudik Antre 30 Menit di Kali Kenteng

Sejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura.Kementerian PUPR Sejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura.

Permukaan jalur darurat ini masih menggunakan lean concrete yang ketebalannya hanya sekitar 10 centimeter.

Baca juga: Jalur Bawah Jembatan Kali Kenteng Semarang Curam, Polisi Alihkan Pemudik via Arteri

Jalur ini dibuat tepat di bawah proyek pembangunan Jembatan Kali Kenteng yang ditargetkan beroperasi bersamaan dengan ruas tol Salatiga-Kartasura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com