Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Masih Tahan dengan Kondisi Dollar AS

Kompas.com - 07/06/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah masih cukup tinggi. Per Rabu (6/6/2018), satu dollar AS masih mencapai Rp 13.883, dan kondisi ini dipercaya akan terus berlanjut.

Meski seperti itu, menurut Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto tidak serta-merta langsung ikut menaikan harga jual mobil.

"Untuk sekarang ini kita masih bisa bertahan dengan kondisi seperti ini," ucap Henry di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (5/6/2018).

Henry menjelaskan, dalam mengerek banderol mobil juga banyak faktor. Selain nilai tukar mata uang, dan ongkos produksi,  strategi pemasaran juga ikut mempengaruhi, sehingga tidak semata-mata dari satu hal langsung menaikan harga.

Baca juga: Dollar Naik, Sampai Kapan Honda Mampu Tahan Harga Motor?

"Kita lihat dulu sampai mana kondisi ini akan terus seperti ini. Tetapi dalam waktu dekat kami tidak ada rencana menaikan harga," ujar dia.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto juga mengatakan hal seperti itu. Menurut dia, jika kondisinya tetap seperti ini masih bisa bertahan.

"Lain jika sudah keterlaluan itu baru kami akan menaikan harga. Mungkin kalau sudah sangat tinggi, kami juga akan menyerah," kata pria yang akrab disapa Soerjo di tempat sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com