Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Buka Laboratorium di UI

Kompas.com - 06/06/2018, 15:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meneruskan aktivitasnya buat pengembangan industri otomotif Indonesia, lewat program “Toyota Berbagi Ilmu” ke kampus-kampus.

Setelah sebelumnya Teknik Industri Universitas Diponegoro ( UNDIP), Kota Semarang, Jawa Tengah yang terlebih dahulu disambangi, kali ini giliran Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia (UI), Depok.

Pihak Toyota memberikan laboratorium lean manufacturing, yang dipergunakan untuk praktikum mata kuliah logistic manufacturing. Sebelumnya pada 2014, Toyota sudah pernah menyerahkan laboratorium lean production system.

Kedua jenis laboratorium itu, merupakan replika sistem produksi dan manufaktur. Jadi bisa memberi gambaran nyata kondisi sebuah industri otomotif ke mahasiswa, hasilnya dapat mempersempit kesenjangan antara teori ilmu terapan di dunia pendidikan dengan dunia kerja.  

Baca juga: Toyota Fortuner Jadi Jagoan TMMIN di Luar Negeri

Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat. Febri Ardani/KompasOtomotif Produksi All-New Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang I, Jawa Barat.

Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN mengatakan, industri yang kuat dan berdaya saing tinggi, harus didukung oleh SDM yang berkualitas. Pihaknya yakin, kunci kesuksesan masa depan industri nasional, bertumpu pada generasi muda yang memiliki karakter dan keterampilan industri.

“Karena itulah kami berkomitmen untuk mendekatkan dunia industri, dengan dunia pendidikan, agar sedini mungkin generasi muda dapat mempelajari kondisi nyata sebuah operasi industri,” tutur Edward dalam siaran resminya, Rabu (6/6/2018).

Sejak 2014 hingga Juni 2018, Toyota mendonasikan 6 laboratorium ke tiga Universitas, mulai dari UI, Universitas Diponegoro (Undip), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Masing-masing menerima 2 jenis laboratorium.

Secara total, nilai donasi laboratorium pendidikan ini mencapai angka Rp 1 miliar. Selain dalam bentuk laboratorium, Toyota juga memberikan donasi alat peraga praktikum pendidikan, berupa mobil utuh, mesin dan berbagai komponen kendaraan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com