Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah Mana, Jualan Motor Honda di Jakarta atau Tangerang?

Kompas.com - 06/06/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wahana Makmur Sejati (WMS) merupakan Main Dealer sepeda motor Honda area Jakarta-Tangerang. Periode Januari-April 2018 sudah menjual sekitar 130.000 unit atau naik 5 persen dibandingkan empat bulan pertama tahun lalu.

Secara komposisi penjualan, sekarang ini masih besar DKI Jakarta, yaitu sekitar 56 persen, sementara Tangerang 44 persen. Tetapi, Tangerang punya potensi untuk meningkat, karena daya beli dan juga pemukiman terus bertambah.

"Sekarang juga sudah mulai jika daya beli masyarakat Tangerang lebih baik dari Jakarta," ucap Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Ario belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Ario, jualan motor Honda di Jakarta sedikit lebih punya usaha ketimbang di Tangerang. Mungkin salah satu faktor utama, disebabkan cukup banyak keluarga muda dan memang daerah tersebut sedang berkembang pesat.

Baca juga: Honda Masih Jual CBR250RR Produksi 2017

"Kalau di Jakarta kita harus berusaha, tetapi di Tangerang mengalir begitu saja menjual motor Honda," kata dia.

Sementara dari segi jumlah diler, sekarang ini memang masih banyak Jakarta, yaitu sekitat 60, dan Tangerang 40. Dalam waktu beberapa tahun ke depan kemungkinan besar bisa bertambah.

"Karena tahun ini kami sama sekali tidak ada rencana menambah diler. Masih cukup untuk memenuhi permintaan konsumen di kedua area itu," ujar Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com