Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Sebut Produksi Tahun Ini Stagnan

Kompas.com - 05/06/2018, 16:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan pabrikan mobil dengan produksi terbesar di dalam negeri. Memang, mereka tak hanya membuat mobil bermerek Daihatsu saja, tapi juga Toyota.

Wakil Presiden Direktur baru ADM, Pongky Prabowo yang sebelumnya adalah Direktur Produksi mengatakan, kalau proyeksi jumlah produksi tahun ini tak berbeda jauh dari tahun lalu. Tahun lalu Daihatsu memproduksi 506.000 unit mobil.

“Hampir sama dengan tahun lalu 500.000-an unit, semuanya plus ekspor. Tahun ini tidak beda jauh, so-so lah,” ujar Pongky Senin (4/6/2018).

Baca juga: Perhatian Presdir Baru Daihatsu pada Merek China

Daihatsu Sigra R Deluxe.Astra Daihatsu Motor (ADM) Daihatsu Sigra R Deluxe.

Pongky menambahkan, model paling  banyak yang diproduksi di pabrik Daihatsu yaitu MPV (Avanza, Xenia) dengan total kontribusi mencapai 30 persen, kemudian diikuti oleh segmen LCGC seperti Sigra, Calya, Ayla dan Agya.

Kapasitas terpasang dari total pabrik Daihatsu di Sunter dan Karawang mencapai 530.000 unit per tahun, dengan jam kerja dua shift.

Jika perolehannya tahun lalu saja 506.000 unit, berarti Daihatsu sudah berhasil memanfaatkan 95 persenan dari total fasilitasnya. Artiya hanya tinggal sedikit lagi mencapi 100 persen. Namun ADM masih belum berencana untuk meningkatkan lagi.

“Tahun lalu sama, dua shift. Peningkatan produksi masih belum kami siapkan, dan saat ini kami masih menghitung terlebih dahulu,” ujar Pongky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com