Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Bergejolak, Tim Keliling Dunia "Happy Go Lucky" Ubah Rencana

Kompas.com - 04/05/2018, 17:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Tim ekspedisi keliling dunia "Happy Go Lucky" mengubah rencana perjalanan. Penyebabnya masih adanya gejolak di Sudan.

Pada awalnya, tim Happy Go Lucky berencana menempuh jalan darat menyusuri pesisir timur Afrika, dari Mesir hingga Afrika Selatan.

Sudan masuk dalam salah satu negara yang akan dilewati. Namun belakangan, tim disarankan untuk tidak melintas di negara tersebut karena alasan keamanan.

Baca juga : Takut Mogok di Gurun Sahara, Hauwke Ganti Aki di Spanyol

"Dari Mesir kita tidak bisa jalan darat langsung ke Afsel karena masalah keamanan. Masalahnya di Sudan," kata salah seorang anggota tim, Sunny Ruslie kepada Kompas.com, Jumat (5/4/2018).

Anggota tim ekspesisi Happy Go Lucky, Sunny Ruslie saat menginjakan kaki di Yunani pada awal Mei 2018.Dokumentasi Pribadi/Sunny Ruslie Anggota tim ekspesisi Happy Go Lucky, Sunny Ruslie saat menginjakan kaki di Yunani pada awal Mei 2018.


Saat ini tim Happy Go Lucky beranggotakan Sunny, Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat, dan Hendarmin. Mereka berkeliling dunia dengan dua mobil. Hingga berita ini diturunkan, ketiganya sedang berada di Santorini, Yunani.

Sebelumnya, Hauwke dan Sunny sama-sama memulai perjalanan dari Hamburg, Jerman. Namun dengan waktu dan rute berbeda.

Hauwke yang jalan lebih dulu pada pertengahan Maret, mengambil rute menyusuri Perancis, Portugal, Spanyol, menyeberang ke Maroko, sampai akhirnya tiba di Gurun Sahara di Maroko pada akhir April.

Baca juga : Mobil Pelat Indonesia Bikin Bingung Polisi Perancis

Sedangkan Sunny yang ditemani Hendarmin, memulai perjalanan pada awal April, mengambil rute menyusuri Perancis, Swiss, negara-negara Eropa Timur, sampai akhirnya tiba di Yunani.

 

Dua anggota tim ekspedisi Happy Go Lucky, Hartawan Hauwke Setjodiningrat dan Sunny Ruslie saat menginjakan kaki di salah satu tempat di Bulgaria pada akhir April 2018.Dokumentasi/Sunny Ruslie Dua anggota tim ekspedisi Happy Go Lucky, Hartawan Hauwke Setjodiningrat dan Sunny Ruslie saat menginjakan kaki di salah satu tempat di Bulgaria pada akhir April 2018.

Pada awalnya, Hauwke dan Sunny tidak berencana bertemu di Yunani. Tapi langsung di Turki dengan mobilnya masing-masing. Namun karena sesuatu dan lain hal, Hauwke tidak bisa melanjutkan perjalanan dari Maroko langsung ke Turki.

Ia pun kembali ke Spanyol dan memarkirkan mobilnya untuk sementara di negara tersebut. Dari Spanyol, Hauwke ke Yunani dengan menumpang pesawat untuk menemui Sunny dan Hendarmin.

Setelah itu ketiganya akan menempuh rute menyusuri Georgia, Armenia, Azerbaijan untuk kemudian nantinya tiba di Istanbul, Turki.

Dari Turki, mereka akan pulang ke Indonesia untuk rehat sejenak, sambil menyusun rencana baru terkait rute Afrika yang tidak perlu melalui Sudan.

Baca juga : Setelah 60 Negara, Hauwke Melanjutkan Tur Keliling Dunia

"Karena untuk rute Afrika ini perlu perencanaan yang lebih baik," ucap Sunny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com