Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih DP Besar Cicilan Kecil, atau DP Kecil Cicilan Besar?

Kompas.com - 28/04/2018, 16:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Ada begitu banyak program kredit pembelian mobil yang ditawarkan selama perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS). Beberapa diantaranya menyasar segmen konsumen yang berstatus karyawan.

Salah satunya seperti yang ditawarkan Mandiri Tunas Finance (MTF). Pada IIMS 2018, MTF hadir menawarkan program kredit yang diklaim cocok untuk karyawan ingin membeli mobil untuk pertama kalinya. Program tersebut adalah angsuran berjenjang.

"Produk ini kami hadirkan untuk konsumen yang ingin angsuran murah, untuk karyawan yang juga first buyer," kata Direktur Pemasaran PT MTF Harjanto Tjitohardjojo seperti dikutip dari keterangan tertulis penyelenggara IIMS.

Sebagai contoh untuk konsumen pembeli Mitsubishi Xpander tipe GLX MT yang dijual dengan harga Rp 194,1 juta. Pada program angsuran berjenjang, besaran uang muka atau down payment (DP) dikenakan Rp 79,3 juta.

Baca juga : Skema Kredit Khusus untuk Mobil Murah

Mitsubishi Xpander di IIMS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Mitsubishi Xpander di IIMS 2018.

Bila tenor yang dipilih lima tahun, maka angsuran per bulan pada tahun pertama dikenakan dengan besaran Rp 2,3 juta.

Lalu secara bertahap angsuran naik setiap tahun, meliputi tahun kedua naik menjadi Rp 2,7 juta; tahun ketiga menjadi Rp 2,9 juta; tahun keempat menjadi Rp 3,5 juta; dan tahun terakhir menjadi Rp 3,9 juta.

Dari simulasi tersebut, setiap tahunnya ada kenaikan yang bervariasi. Besaran kenaikan pertama Rp 466.000; kedua Rp 124.000; ketiga Rp 652.000; dan kenaikan terakhir Rp 342.000.

Menurut Harjanto, simulasi ini belum memperhitungkan diskon yang sewaktu-waktu bisa ditawarkan produsen. Bila ada diskon, MTF akan akan menghitung simulasi dengan harga yang sudah dipotong.

Selain itu walaupun naik setiap tahun, Harjanto menyatakan simulasi kredit sudah memperhitungkan potensi kenaikan gaji setiap tahun. 

"Kosumen akan merasa ringan karena tiap tahun ada kenaikan gaji,” ucap Harjanto.

Baca juga : Pembeli Xpander, Banyak yang Kredit Banyak Juga yang Tunai

All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)Kompas.com/Setyo Adi All New Ertiga diperkenalkan Suzuki pertama kalinya di IIMS 2018 Kamis (19/4/2018)

Leasing lainnya yang juga hadir di IIMS 2018 adalah Mega Auto Finance (MAF).

Dengan jenis mobil dan tenor yang sama, MAF mensyaratkan uang Rp 39,4 juta untuk Xpander tipe GLX MT.

Setelah itu, konsumen akan mencicil Rp 4,6 juta selama 60 kali atau setara lima tahun. Besaran cicilan flat tanpa adanya kenaikan maupun penurunan.

Baca juga : Simak Hitungan Simulasi Kredit Sedan Mini di IIMS 2018

Perbedaan yang terlihat dari program kredit MTF dan MAF adalah, bila MTF menawarkan DP tinggi dengan besaran cicilan kecil, terutama di tahun pertama, maka kredit dari MAF seperti kredit pada umumnya, yakni DP ringan dengan cicilan relatif besar.

Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor. KOMPAS.com/Aditya Maulana Andalan Honda di segmen LMPV, Mobilio juga mengalami ubahan minor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com