Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Keamanan "Banteng Ngamuk" yang Tak Ada di Mobil Lain

Kompas.com - 23/04/2018, 11:07 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Truk monster El Toro Loco punya fitur keamanan unik yang diklaim tak ditemukan di mobil lain, yakni mesin bisa dimatikan dari jarak jauh.

Dito, instruktur dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) menjelaskan, bisa dimatikannya mesin El Toro Loco dari jauh bertujuan melindungi pengemudi jika terjadi situasi darurat saat atraksi pertunjukan.

"Kalau driver pingsan atau out of control, ada dua orang di luar trek yang bisa mematikan mobil ini dari jauh," kata Dito kepada para pengunjung IIMS 2018, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Baca juga : El Toro Loco Dibuat dari Mobil Apa?

El Toro Loco adalah truk monster yang berbobot 5 ton dengan ketinggian hampir 4 meter. Truk ini merupakan satu dari beberapa truk monster yang ambil bagian dalam pertunjukan yang dikenal dengan nama Monster Jam.

Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Pengunjung IIMS 2018 antusias berfoto bersama Dan Evans di depan El Toro Loco pada Minggu (22/4/2018).

Para driver truk-truk monster yang beraksi di Monster Jam biasa melakukan aksi ekstrim, salah satunya "jumping" hingga truk berada di ketinggian nyaris 12 meter di udara.

Saat kembali jatuh ke tanah, Dito menyebut tak jarang ban truk monster ada yang lepas karena kerasnya entakan. Namun besarnya ukuran mobil acapkali membuat driver tak mengetahuinya.

Karena cenderung membahayakan, maka mesin dibuat agar terkoneksi dengan kru di luar trek. Tujuannya agar mesin bisa dimatikan di kondisi tertentu.

Baca juga : Si Banteng Ngamuk Biasa Nenggak Alkohol

"Biasanya ketika bannya sudah mental ke mana-mana, driver masih tetap nge-gas. Jadi perlu orang dari luar yang bisa langsung mematikan mesin jika dilihat kondisi mobil sudah tidak memungkinkan," ucap Dito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com