Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Mercy Lawas Ini Nyaris Dimusnahkan

Kompas.com - 25/03/2018, 09:22 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Mercedes Benz OH-306 merupakan salah satu bus lawas yang ikut dipamerkan dalam ajang pameran Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.

Bus yang dipamerkan adalah eks bus kota di Bandung milik Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI). Ada kisah unik di balik bus lansiran tahun 1988 ini.

Baca juga : Vario, Bus Jadul Mercedes yang Pernah Dipakai DAMRI

Dari catatatan penyelenggara pameran, OH-306 adalah bus yang sudah masuk dalam daftar afkir oleh DAMRI. Daftar afkir adalah barang yang siap dijadikan besi tua dengan cara dipotong bagian per bagian kemudian dijual. 

Mercedes-Benz OH-306, salah satu bus yang paling banyak digunakan untu armada bus kota pada masa lalu.haltebus.com Mercedes-Benz OH-306, salah satu bus yang paling banyak digunakan untu armada bus kota pada masa lalu.

Mercy OH-306 dimasukan dalam daftar afkir karena usia pemakaiannya yang sudah lebih dari 25 tahun. Unit yang dipamerkan di Incubus 2018 merupakan unit yang dipertahankan karena nilai historis dan sebagai penanda bahwa tipe tersebut pernah digunakan DAMRI pada masa lampu.

Mantan Direktur Teknik DAMRI Bagus Wisanggeni mengatakan, penghentian operasional Mercy OH-306 oleh DAMRI mengacu ketentuan UU Lalu Lintas Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009.

Baca juga : Superior Coach, Bus Retro yang Masih Beroperasi Hingga Kini

"Selain karena UU, DAMRI juga punya kebijakan internal yang mengharuskan bus-bus tua harus dipensiunkan," kata Bagus saat ditemui Kompas.com, di sela-sela acara pameran Incubus 2018, Kamis (22/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com