Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Toyota yang Laris di Pelosok Indonesia

Kompas.com - 23/03/2018, 11:45 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com — Diler resmi Toyota, Auto2000, sudah punya 118 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bukan hanya di kota besar, tetapi sudah mulai merambah ke pelosok karena pasar mulai terbentuk, dan daya beli masyarakat ikut meningkat.

Menurut Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, tren itu mulai terbentuk setelah hadir model low cost green car (LCGC). Sebab, daya beli konsumen di pelosok menyasar kelas tersebut.

"Agya, Calya, dan Avanza yang paling laris di daerah-daerah," ucap Ricky kepada KOMPAS.com, Selasa (20/3/2018).

Segmen menengah ke atas, seperti Kijang Innova, juga masih ada, tetapi tidak sebesar menengah ke bawah. "Sementara segmen premium tidak ada karena memang besar di kota-kota besar saja," kata dia.

Baca juga: Diganggu Kanan-Kiri, Auto2000 Optimistis Avanza Masih Kuat

Menurut Ricky, karakter konsumen di daerah merupakan first car buyer sehingga kecenderungan membeli mobil di kelas menengah ke bawah cukup besar.

"Beda dengan di kota besar, kalau daerah selama ini masih didominasi pembeli Agya, Calya, dan Avanza, Innova, ada tetapi sangat kecil sekali persentasenya," kata Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com