Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Astrea Star 1987 yang 90 Persen Masih Orisinil

Kompas.com - 21/03/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Sepeda motor retro seperti Honda Astrea Grand dan sejenisnya lagi digemari masyarakat Indonesia. Banyak yang beli produk lama, kemudian merestorasi seperti tampilan awalnya.

Rata-rata upaya restorasi yang dilakukan, adalah mengutamakan penggunaan komponen atau aksesori orisinil. Seperti salah satu pemilik motor Honda Astrea Star C86, Arif Syahbani, yang punya tingkat keaslian part mencapai 90 persen.

"Semuanya masih orisinil, hanya cat batok lampu dengan tidak orisinil, karena sama yang punyanya dulu dicat pakai pilox," kata Arif kepada KOMPAS.com belum lama ini.

Motor itu, lanjut Arif dibeli di daerah Cirebon, Jawa Barat dengan banderol terbilang relatif murah, yaitu hanya Rp 5 jutaan. Bahkan, motor yang dia punya tergolong langka dari segi warna.

Baca juga: Simak Biaya Restorasi Motor Nostalgia seperti Astrea Grand

"Biasanya yang paling banyak itu warna hitam, kalau yang punya saya biru. Harga kalau yang orisinil dan juga warnanya jarang seperti ini bisa lebih mahal lagi," ujar Arif.

Honda Astrea Star C86dok.Arif Syahbani Honda Astrea Star C86

Salah satu tujuan Arif membeli motor itu, karena ingin bernostalgia. Sewaktu duduk di bangku sekolah sekitar tahun 1990-an motor itu sedang tren, dan juga dikenal irit bahan bakar minyak (BBM).

"Jadi saya ingin nostalgia juga dengan motor ini, apalagi punya saya warnanya jarang orang yang punya," ucap Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com