Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor dan Bergerombol, Faktor Besar Arogansi di Jalan

Kompas.com - 22/01/2018, 16:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, Kompas.com – Arogansi pesepeda motor di jalan muncul dari berbagai macam faktor, namun ada dua hal utama yang jadi sorotan belakangan ini, yaitu jenis motor dan berkendara berkelompok.

Jusri pulubuhu Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan, seseorang yang dalam sisi kehidupan lainnya sangat menjunjung tinggi etika bisa berubah berubah sikap saat menunggangi motor tertentu. Motor memberikan aura dan karakter yang bisa mempengaruhi biker.

“Biker, apalagi yang menggunakan atribut atau sesuatu maka memunculkan eksklusivitas sampai arogansi. Karakter bawaan motor antara lain, ngebut, geber-geber, dan merasa superior,” sebut Jusri, Minggu (21/1/2018).

Menurut Jusri motor yang memberikan dampak negatif buat biker tidak terpaku hanya karena kapasitas mesin. Dia mengatakan ada model motor 125cc namun bawaannya selalu ingin buka gas, sementara itu ada moge yang tidak nikmat dikendaraai lebih dari 70 kpj.

“Motor akan mempengaruhi prilaku kita di jalan, oleh karena itu biker harus memahami perubahan apa yang diberikan,” kata Jusri.

Baca: Terlibat Kecelakaan di Jalan Jangan Sampai Ada Pemukulan

Penjelajahan moge Honda di Pulau Sulawesi.Istimewa Penjelajahan moge Honda di Pulau Sulawesi.

Berkelompok

Ketika 2-3 orang berkendara bersama, maka rasa kebersamaan muncul sampai bisa menimbulkan eksklusivitas. Bukan cuma terjadi saat berkendara, hal itu juga bisa kejadian saat 2-3 orang berjalan kaki di mal.

“Itu akan memunculkan arogransi. Ketika Anda naik motor lebih baik sendiri, karena kalau ramai-ramai pasti anda meminta hak lebih,” ucap Jusri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com