Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Ini Disukai Polisi dan Tentara Untuk Servis Motor

Kompas.com - 20/01/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

 

Jakarta, Kompas.com - Hilir mudik motor-motor polisi tampak tak henti-hentinya datang ke bengkel kecil yang ada di kawasan Ciracas, Jakarta Timur. Saat seorang polisi baru selesai menservis motornya dan pergi, tak lama berselang sudah datang lagi polisi lainnya yang datang untuk melakukan hal yang sama.

Tidak hanya polisi, tidak sedikit tentara yang juga datang ke bengkel ini. Terlihat dari adanya beberapa motor dinas berpelat TNI yang sedang terparkir karena sedang dalam proses perbaikan.

Pemandangan itulah yang tampak di bengkel Merzyta Motor, Jumat (19/1/2018). Ditemui Kompas.com, pemilik bengkel, Suyono menceritakan awal mula bengkelnya jadi tempat favorit polisi dan tentara untuk merservis motor.

Semua berawal saat Suyono terlibat dalam proses perakitan pengadaan motor Yamaha P900 oleh Polda Metro Jaya pada 2004. Saat itu Polda Metro mendatangkan P900 dalam bentuk terurai penuh alias completely knock down (CKD). Karena perusahaan rekanan bengkel Suyono memenangkan tender, maka Suyono dan para mekanik-nya lah yang saat itu merakit P900 yang dibeli Polda Metro. Setelah perakitan usai pun, bengkel Suyono masih menjadi rekanan untuk jasa servis dan perbaikan suku cadang.

Baca juga : Kiprah Toyota Menggeser Volvo Sebagai Mobil Dinas Menteri

Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha QJ900P yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad Rudi Satu unit motor dinas Polisi Militer TNI berjenis Yamaha QJ900P yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

"Mereka beli motor Yamaha P900 dalam keadaan CKD. Itu saya yang merakit di Polda Metro Jaya. Berangsur-angsur dari pertama 40 unit, kemudian 70 unit, sampai ratusan," tutur pria yang biasa disapa Yono ini.

Menurut Yono, bengkel Merzyta sudah beroperasi sejak 1987. Awalnya bengkel ini seperti bengkel lain pada umumnya yang menerima servis semua jenis motor.

Mulai 1994, Yono mengubah segmen Merzyta menjadi bengkel motor besar klasik. Sampai akhirnya setelah terlibat dalam proses perakitan pengadaan motor dinas Polda, Merzyta hanya fokus pada perbaikan motor-motor besar.

Selain motor dinas, Yono menyebut tidak sedikit moge pribadi yang juga servis di bengkelnya. Mereka adalah para pemilik motor yang kenal dan kemudian mendapat rekomendasi dari para pejabat Polda Metro.

Baca juga : Zero Tawarkan Diri Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah Indonesia

Satu unit motor dinas TNI AU berjenis Yamaha QJ900P yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018). KompasOtomotif/Alsadad Rudi Satu unit motor dinas TNI AU berjenis Yamaha QJ900P yang sedang diservis di Merzyta Motor di Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

Cerita dari mulut ke mulut ini yang juga kemudian sampai ke pejabat di lingkungan TNI. Sehingga kemudian cukup banyak anggota TNI yang datang untuk menservis motor dinasnya ke Merzyta.

"Kebetulan juga bengkel ini dekat sama markas militer. Mabes TNI, Mabes TNI AU sama Kopassus markasnya dekat sini," ujar Yono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com