Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pemilik “Chopper” yang Motornya Dibeli Presiden

Kompas.com - 19/01/2018, 18:29 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com — Setelah cerita soal Land Rover jadul yang direstorasi untuk dikendarai Presiden Joko Widodo ketika meresmikan Tol Becakayu, kali ini orang nomor satu di Indonesia ini dikabarkan membeli motor modifikasi bergaya Chopper.

Sepeda motor tersebut sebenarnya milik rumah modifikasi Elders Garage yang berdomisili di Lebak Bulus. Adrianka, salah satu punggawa Elders, mengaku kaget ketika Presiden ternyata berminat dengan sepeda motor mereka tersebut.

Adrian bercerita, awal dari pertemuan motor modifkasi Elders dengan Presiden yakni ketika perayaan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor pada 28 Oktober 2017 lalu. Pada saat itu, Presiden menjajal sepeda motor modifikasi yang lain, dan bukan yang dibelinya saat ini.

“Setelah pertemuan itu dan beberapa hari setelahnya, Staf Kepresidenan kemudian menelepon rekan saya, Heret. Mereka kemudian melakukan negoisasi dan akhirnya sepakat sepeda motor itu dijual ke Presiden,” ujar pria yang akrab disapa Anka kepada KompasOtomotif, Jumat (19/1/2017).

Baca juga: Jokowi Beli Satu Unit Motor Chopper

Chopperland Jokowi yang dibeli dari Elders Garage.Istimewa Chopperland Jokowi yang dibeli dari Elders Garage.

Namun, soal harganya berapa, Anka tak mau angkanya dipublikasikan karena ada beberapa pihak yang mungkin tidak berkenan. Saat ini motor modifikasi Chopper masih di-finishing dan baru akan dikirim ke Presiden esok hari, Sabtu (20/1/2017).

Bahannya berasal dari motor merek India berdarah Inggris, Royal Enfield Bullet 350, yang dibeli dengan harga sekitar Rp 60 juta. Kemudian dipasangkan dengan rangka Chopperland hasil kolaborasi Elders Garage dengan Kickass Choppers. Proses pembuatannya tidak memakan waktu lama, hanya sebulan. 

Mesin Bullet punya 1 silinder dengan busi ganda berkapasitas sebenarnya 346cc. Tenaga bawaan pabrik 19,8 tk dengan torsi 28 Nm, semua kemampuannya disalurkan transmisi 5-percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com