Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk 5 Besar Daftar Negara Paling Buruk buat Sopir

Kompas.com - 19/01/2018, 11:25 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Pihak aplikasi penunjuk jalan Waze menentukan Filipina sebagai negara paling buruk di dunia buat pengemudi, sedangkan negara yang terbaik adalah Belanda. Hasil yang masuk dalam Waze Driver Satisfaction Index itu sudah diumumkan pada November lalu.

Filipina menjadi negara dengan indeks kepuasan pengemudi paling buruk dan Indonesia masuk di lima terbawah di daftarnya. Persis di atas Filipina ada Dominika, El Savador, Indonesia, dan Rusia.

Berlawanan dari Filipina, pengemudi paling bahagia ada di Belanda. Kesimpulannya, Eropa menjadi kawasan paling bersahabat dengan pengemudi. Ada empat negara Eropa yang masuk lima besar teratas.

Indeks kepuasaan pengemudi 2017 yang dibuat Waze.blog.waze.com Indeks kepuasaan pengemudi 2017 yang dibuat Waze.

Disitat dari Blog Waze, indeks kepuasan pengemudi ini merupakan data yang dikumpulkan pada September 2017. Skala yang digunakan dimulai dari 1 (terburuk) sampai 10 (terbaik). Penilaian berdasarkan 6 faktor, yaitu kemacetan, kualitas jalan dan infrastruktur, keselamatan jalan, layanan pengemudi, ekonomi-sosial, dan Wazeyness (kebahagiaan komunitas Waze).

Indeks kepuasan pengemudi ketiga yang pernah dibuat Waze ini sudah menambahkan dua negara baru, Ukraina dan Dominika, serta 11 kota tambahan.

Catatan dari Waze, tidak ada satupun negara di dunia yang mendapat nilai bagus pada faktor kemacetan. Rata-rata nilai global adalah 4,95, negara dengan indeks kepuasan tertinggi soal macet adalah Ceko. 

Baca: Manfaatkan Rem Parkir, Jangan Terus Injak Kopling saat Macet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com