Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Pabrikan MotoGP Sepakat Tes Pramusim Dikurangi

Kompas.com - 15/01/2018, 17:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sejumlah tim pabrikan MotoGP sepakat dengan rencana pengurangan tes pramusim dari tiga menjadi dua mulai musim 2019. Langkah itu diambil karena dua tahun depan jumlah seri ditambah dua.

Musim 2018 masuknya Thailand sudah membuat balapan menjadi 19 seri. Menurut para pabrikan, ini menjadi musim tersibuk untuk kejuaran dunia balap motor.

Musim 2019 kemungkinan jumlah seri ditambah sehingga total menjadi 20. Oleh sebab itu, para tim meminta agar mengurangi jumlah tes agar tidak menambah beban para pebalap.

"20 balapan itu banyak, tidak hanya untuk pebalap tetapi juga untuk kami semua," ujar Bos tim Movistar Yamaha Lin Jarvis seperti dilansir laman motorsport.com, Senin (15/1/2018).

Baca juga: Musim 2018 Baju Pebalap MotoGP Wajib Dilengkapi "Airbag"

Sementara itu, mantan Team Pricipal Repsol Honda Livio Suppo juga mengatakan hal serupa. Menurut dia, perlu ada pengurangan tes pramusim, demi menjaga keseimbangan setiap pebalap.

Rossi bertarung dengan Andrea Iannonde dan Zarco Rossi bertarung dengan Andrea Iannonde dan Zarco

"Sekarang ada enam pabrikan, tiga dari Eropa, dan tiga lagi dari Jepang. Karena 20 balapan itu cukup banyak, dan tidak mudah menemukan satu pekan menjalani tes lagi," kata Suppo.

Akhir musim 2017, para pebalap sudah menjalani dua haru tes di Valencia. Usai itu, masih ada sembilan hari tes lagi di tiga Sirkuit berbeda, yaitu Sepang, Buriram, dan Qatar, dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com