Honda Freed Hitam Bukittinggi, Rombak Total meski Buat Harian - Kompas.com

Honda Freed Hitam Bukittinggi, Rombak Total meski Buat Harian

Dimas Wahyu
Kompas.com - 10/01/2018, 10:02 WIB
MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017Dimas Wahyu MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017

KOMPAS.com - Punya mobil buat harian tetapi ingin membuatnya jauh dari versi standar bisa memberikan warna tersendiri buat aktivitas sehari-hari. Ini juga yang terlihat pada MPV Honda Freed hitam milik Fadil asal Bukittinggi, Sumatera Barat.

Semua elemen modifikasi masuk di kendaraan 7-penumpang ini, mulai dari bodi, kursi-kursi, audio, roda yang peleknya jadi selebar 10-11,5 inci, pintu bagasi dan pintu samping, bahkan sampai kap mesin.

Dua bagian terakhir keluar dari cara pakai standarnya. Kap mesin terangkat dan menungging, sementara pintu samping bukan lagi model geser melainkan terbuka terbalik ala mafioso era Al Capone yang populer dengan sebutan suicide door.

“Ini temanya elegan, saya pasang bodykit, lalu  pintu tengah model suicide, sedangkan bagasi sama mesin motorized,” ujar Fadil, si pemilik yang ditemui saat kontes final modifikasi Blackauto Battle, Sabtu (18/11/2017). Bukan di Bukittinggi, melainkan di Bandung, Jawa Barat.

Iya, Fadil membawa mobilnya pindah pulau dengan truk gendong dari tanah Sumatera ke Jawa supaya bisa ikut putaran akhir modifikasi tersebut. Ini pun ajang kedua baginya setelah sebelumnya ikut putaran kedua Blackauto Battle di Pekanbaru, Riau.

Bagian interior depan MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017Dimas Wahyu Bagian interior depan MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017

“Dari Bukittinggi dibawa pakai towing. Ya biar bisa ikut acara ini. Tahun sebelumnya juga ikut yang di Tangerang, tetapi yang waktu itu malah pulangnya enggak digendong. Ya dipakai jalan, ya naik ke kapal (feri untuk menyeberang). Enggak mentok,” urainya.

Tidak mentok? Rupanya, kaki-kaki sudah dipasangi suspensi udara depan belakang. Makanya, MPV yang sudah putus produksi ini bisa lolos naik ke dek lipat di pintu kapal yang rata-rata tebal tepiannya 4-5 jari.

Kotor pun bukan masalah buat Fadil karena yang penting persiapannya. Itu termasuk ketika Freed-nya ini dibawa untuk ikut kontes modifikasi. Padahal, bagian bawahnya pun sudah dicat.

“Bawah dicat semua, tetapi (untuk di kontes final Blackauto Battle Bandung) tidak sempat bawa kaca. Sampai sini hari Kamis, salon dulu,” ujarnya lalu menyebut bahwa dia punya waktu istirahat satu hari lagi pada Jumat sebelum final berlangsung Sabtu dan Minggu (18-19 November 2017).

Bagian belakang MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017Dimas Wahyu Bagian belakang MPV Honda Freed Juara King of Black Blackauto Battle 2017

Dengan ubahan total yang bertahap selama dua tahun termasuk pemasangan 17 layar di kabin itu, tidak rugi Fadil jauh-jauh datang ke Bandung.

Pasalnya, pegawai Bank Perkreditan Rakyat yang sedang mengejar gelar S-2 di Universitas Negeri Padang ini memperoleh predikat King of Black untuk minibus hitamnya itu dalam ajang tersebut.
 

PenulisDimas Wahyu
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM