Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Kawasaki Z900 Jadi Enak Diajak "Rebah"

Kompas.com - 07/01/2018, 11:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Z900 merupakan sepeda motor sport Z series yang diproduksi Kawasaki. Dalam kondisi standar, motor yang di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 225 juta ini bisa dibilang sudah sempurna.

Sebagai anggota keluarga Kawasaki "Sugomi", Z900 memiliki desain yang elegan, padat, dan berotot. Mesin 948cc yang terpasang pada motor ini juga mampu menghasilkan power maksimum hingga 125 di 9.500 rpm, dan torsi tertinggi hingga 98.6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm.

Baca juga : Modifikasi Aerox, Hasil Maksimal Modal Aksesori Plug n Play

Namun demikian, seorang pemilik Z900, Agung Budhy Hambaka, menilai masih ada satu hal yang kurang dari Z900. Karena pada dasarnya memang menyukai modifikasi dan kegiatan turing, Agung mengganggap suspensi belakang Z900 masih kurang nyaman saat diajak rebah. Karena itu ia pun mengganti shock breaker asli bawaaan Z900 miliknya dengan Ohlins TTX.

Shock breaker belakang Ohlins TTX yang digunakan di Kawasaki Z900 milik Agung Budhy Hambaka.Istimewa/Agung Budhy Hambaka Shock breaker belakang Ohlins TTX yang digunakan di Kawasaki Z900 milik Agung Budhy Hambaka.

"Jadi dimodif untuk memaksimalkan kemampuan Z900 itu sendiri, terutama shockbreaker dan juga bagian pengereman ABS-nya. Biar lebih enak dan lebih stabil saat cornering. Karena pakai Ohlins ngerebahnya stabil," kata Agung kepada KompasOtomotif, Sabtu (6/1/2017).

Selain shock breaker, Agung juga mengganti knalpot standar dengan knalpot titanium SC Project Tipe S, yang juga dilengkapi dengan Header titanium pelangi R9. Tak lupa ia juga mengganti ban standar dengan Michelin Pilot 3 pada roda depan dan belakang. Namun tetap ukuran yang sama dengan rekomendasi pabrik, yakni 120/70-17 di depan dan 180/55-17 di belakang.

Baca juga : Cerita Awal Modifikasi Motor Berbaju Batik, dari Joran Pancing

Kawasaki Z900 milik Agung Budhy HambakaIstimewa/Agung Budhy Hambaka Kawasaki Z900 milik Agung Budhy Hambaka

Dengan ditambah pemasangan berbagai aksesoris lainnya, diantaranya seperti spion dan skin guard, Agung menyebut total biaya yang dihabiskannya untuk motor produksi tahun 2017-nya itu mencapai sekitar Rp 90 juta.

"Untuk mengilangkan stress kerjaan, karena saya juga tidak minum dan tidak merokok, jadi larinya ke modif moge," ucap Agung.

Berikut data lengkap modifikasi Kawasaki Z900 2017 milik Agung:

Shock breaker belakang Ohlins TTX
Knalpot titanium SC Project Tipe S1
Header titanium pelangi R9
Single seater
Pelindung knalpot Prospeed
Ban Micheline Pilot Power 3 depan dan belakang
Kabel rem Hell
Master rem Brembo RCS 19
Tabung rem Brembo
Braket tabung rem Rizoma Accosato Clutch Control 24
Spion Rizoma Circuit
Skin guard Spedo
Frame slider R&G
Sein kecil CNC depan dan belakang
Engine protector KMI
Klakson Denso
Tank pad Z900
Side pad R&G

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com