Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Termacet di Dunia, Jakarta Nomor 19

Kompas.com - 21/12/2017, 07:48 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakata, KompasOtomotif – Macet sudah jadi masalah umum di kota-kota besar di dunia, apalagi kalau jumlah kendaraan yang beredar tak seimbang dengan ruas jalan yang ada, ditambah pengendara yang tidak disiplin dan mematuhi aturan lalu lintas.

Secara keseluruhan, rata-rata para pengguna kendaraan menghabiskan 32 jam di jalanan setiap tahunnnya. Dari riset yang dilakukan oleh periset Inrix Global Scorecard mengutip Autoguide.com, Rabu (20/12/2017) berhasil dikumpulkan sepuluh kota di dunia yang jalanannya punya intensitas macet yang cukup parah.

Hasil diperoleh dengan menganalisis rata-rata jam yang dihabiskan dalam kemacetan untuk 1.064 kota di 38 negara, serta persentase waktu yang dihabiskan oleh driver untuk menikmati kepadatan lalu lintas.

Beruntung, Jakarta sebagai salah satu kota tersibuk di Indonesia tak masuk di dalam 10 besar, tapi ada di posisi ke-19. Sementara Bangkok, Ibu Kota dari Thailand yang masih berada di wilayah ASEAN ada di urutan ke-11.

Baca juga : Ragam Pelanggaran Lalu Linta yang Dianggap Biasa di Jakarta

Berikut 10 besar kota termacet didunia yang diurutkan dari posisi kesepuluh.

10. Miami, Florida. Kota yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang sangat sibuk, menjadi juru kunci sepuluh besar kota termacet di dunia, di mana pada pengendara 64,8 jam per tahun dalam kemacetan.

9. Paris, Perancis. Dalam satu tahun pengendaranya mengabiskan 65,3 jam per tahun di dalam kemacetan.

Ilustrasi macet.Autoevolution Ilustrasi macet.

8. Atlanta, Georgia. Pengemudi di kota ini harus kehilangan 70,8 jam waktu mereka per tahun untuk menghadapi padatnya lalu lintas.

7. London, Inggris, di mana rata-rata menghabiskan 73,4 jam per tahun.

6. Sao Paulo, Brasil. Kota yang kaya turis ini, pengemudi kendaraannya harus rela berlama-lama di jalan rata-rata 77,2 jam per tahun.

5. Bogota, Kolombia. Untuk sebuah kota tanpa sistem kereta bawah tanah yang berkembang dengan baik, kemacetan disebut-sebut tak terhindarkan. Rata-rata sekitar 79,8 jam per tahun dihabiskan dalam kemacetan. Pemerintah Bogota sendiri merencanakan kereta bawah tanah bisa tersedia di 2022.

Baca juga : Jajal Mobil Listrik Anak Bangsa, Jokowi Bilang "Enak"

4. San Francisco, California. Kota di salah satu negara bagian Amerika Serikat itu punya intensits kemacetan 89,4 jam per tahun.

3. New York, Amerika Serikat. Populasi saat ini sekitar 8,6 juta orang dengan populasi pejalan kaki terus-menerus berselisih dengan jumlah pengemudi, tidak mengherankan jika muncul angka 89,4 jam dibuang karena macet di jalan per tahun.

2. Moskow, Rusia. Pengemudi di kota terpadat di Rusia menghabiskan waktu selama 91,4 jam per tahun. Bukan hanya macet tapi juga kondisi di jalanan kota ini cukup tidak nyaman, bisa dilihat di rekaman dash-cam, yang banyak tersebar di youtube.

1. Los Angeles, AS. Kota ini menjadi juaranya macet dengan rata-rata pengemudi menghabiskan 104,1 jam per tahun dalam kemacetan, dan jumlah tersebut sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com