Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Minitrans, Bus Pengganti Metromini

Kompas.com - 11/12/2017, 18:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dikabarkan sudah mulai mengoperasikan armada bus Minitrans. Minitrans adalah bus kota non busway bagian dari layanan bus Transjakarta.

Keberadaan bus ini merupakan bagian dari peremajaan armada bus-bus kota di Jakarta yang sudah tidak layak, seperti metromini. Minitrans menggunakan bus ukuran sedang.

Seperti Metromini, Minitrans juga menggunakan warna ciri khas oranye. Minitrans diketahui menggunakan mesin dan sasis Mitsubishi Cold Diesel FE84G Bus Chassis. Proses perakitannya dilakukan oleh perusahaan karoseri New Armada.

Data PT Transjakarta menyebutkan Minitrans berdaya angkut 30 penumpang, terdiri atas 17 penumpang duduk dan 13 penumpang berdiri. Tersedia pula kursi prioritas untuk penyandang disabilitas, wanita hamil, lansia, ataupun wanita yang membawa anak.

Minitrans KOMPAS.com/JESSI CARINA Minitrans

Seluruh tempat duduk menghadap ke depan. Sedangkan penumpang berdiri diberi handgrip untuk berpegangan.

Baca juga : Djarot Sebut Minitrans dan Metromini bagai Langit dan Bumi

Tidak seperti Metromini yang pengap dan gerah, Minitrans sudah dipasangi alat pengatur suhu atau Air Conditioner. Di dalam bus juga sudah terpasang lima kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus.

Minitrans memiliki tiga buah pintu, terdiri atas satu pintu berlantai tinggi di sebelah kanan dan dua pintu penumpang berlantai rendah di sebelah kiri bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com