Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang DP Murah buat Mobil Sejuta Umat

Kompas.com - 05/12/2017, 08:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Akhir tahun sering dimanfaatkan masyarakat untuk membeli mobil baru. Alasan utama, masing-masing merek memberikan promo menarik, mulai diskon besar hingga uang muka dan angsuran rendah.

Salah satunya segmen low multipurpose vehicle (LMPV) atau mobil sejuta umat. Menjelang tutup tahun, hampir semua diler dari setiap merek punya program khusus untuk menarik minat calon pembeli.

Kali ini, KompasOtomotif merangkum semua promo terkait uang muka alias down payment/DP rendah, untuk model favorit pasar, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga. Pendatang baru seperti Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero masih bertahan dengan harga normal.

Mulai Avanza, tenaga penjual salah satu diler Auto2000 di DKI Jakarta yang menolak disebutkan identitasnya menjelaskan bahwa untuk promo Desember 2017 ini uang muka Avanza cuma Rp 15 juta.

Baca juga: Perang Diskon Mobil Sejuta Umat, Minimal Rp 25 Juta

Toyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit.Febri Ardani/otomania.com Toyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit.

"Biasanya di atas 20 juta, tetapi untuk akhir tahun biasanya promo lebih menarik dari sebelumnya. Tetapi, untuk angsuran jadi lebih mahal, yaitu dimulai Rp 4 jutaan, mulai tiga hingga lima tahun," kata tenaga penjualan itu.

Sementara Xenia ditawarkan dengan uang muka paling rendah di bawah Rp 10 juta, hingga paling tinggi sekitar Rp 25 juta.

"Tergantung dari leasing, kadang disiapkan juga paket DP minim. Contoh, Xenia 1.3 X MT DLX hanya Rp 4 jutaan. Ada juga yang normal, tergantung maunya konsumen yang mana," kata pramuniaga salah satu diler Daihatsu di Jakarta Timur.

Adapun Mobilio  ditawarkan dengan paket uang muka rendah, yaitu dari Rp 15 jutaan hingga Rp 25 jutaan.

"Paling rendah kita berikan Rp 15 juta, angsuran untuk sekitar tiga tahun bisa mencapai Rp 3 jutaan atau Rp 4 jutaan, tergantung berapa dulu uang muka yang diberikan," kata tenaga penjual diler Honda di Jakarta Selatan.

Suzuki Ertiga.Ghulam/KompasOtomotif Suzuki Ertiga.

Terakhir Ertiga yang juga memberikan promo sama seperti merek lain. Konsumen yang tertarik membeli mobil sejuta umat Suzuki ini bisa menyimpan uang muka mulai Rp 10 jutaan.

"Program ini jelas untuk yang mau kredit saja, tenornya tergantung kemampuan. Kami tawarkan dengan uang muka serendah mungkin, tergantung dari leasing-nya juga," kata salah satu wiranaiaga diler Suzuki di Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com