Upaya Mitsubishi Minimalisir Truk Nakal - Kompas.com

Upaya Mitsubishi Minimalisir Truk Nakal

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 24/11/2017, 10:22 WIB
Duo truk Fuso terbaru dilengkapi teknologi dan fitur yang memanjakan pengemudi.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Duo truk Fuso terbaru dilengkapi teknologi dan fitur yang memanjakan pengemudi.

Bogor, KompasOtomotif - Keselamatan masih sering diabaikan para pemilik atau pengguna mobil truk. Persoalan ini dapat dilihat dari misalnya, masih banyak penggunaan truk yang melebihi kapasitas pengangkutan (overload).

Terkait hal itu, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), Atsushi Kurita menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan sejumlah cara agar konsumen tidak asal-asalan memaksimalkan kegunaan truk miliknya.

Salah satunya, memberikan pemahaman mengenai keamanan berkendara (knowledge safety driving) kepada para pemilik atau pengendara truk.

Baca juga : Kendaraan Kelebihan Muatan Juga Jadi Target Operasi Zebra

Truk muatan cabai yang terguling di jalur pantura Brebes, Jawa Tengah, diangkat oleh mobil derek, Sabtu (9/11/2013).KOMPAS.COM/Ari Himawan Sarono Truk muatan cabai yang terguling di jalur pantura Brebes, Jawa Tengah, diangkat oleh mobil derek, Sabtu (9/11/2013).
"Upaya preventif, selain teknologi yang sudah mendukung, Fuso mengadakan pelatihan pengemudi dan juga latihan perawatan truk bekerja sama dengan diler-diler setempat. Langkah ini sebagai upaya meminimalisir kecelakaan," kata Atsushi di sela kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sirnagalih 01 Jonggol, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (23/11/2017).

Namun agar persoalan itu dapat terselesaikan, lanjut dia, Mitsubishi tidak bisa mengatasinya sendiri. Perlu peran aktif pemerintah juga diperlukan untuk mengajak pemilik dan pengemudi truk buat tertib.

"Mengenai kapasitas truk yang overload, persoalan ini lebih kepada peraturan yang seharusnya ditetapkan. Oleh karena itu, tidak hanya dari satu pihak, tetapi juga melibatkan pemerintah dan pihak-pihak lainnya," kata dia.

Baca juga : Hino Tularkan Berkendara Aman untuk Sopir Truk di Makassar

PenulisFachri Fachrudin
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM