Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelek Pinggir Jalan di Tanah Abang Bisa Tukar Tambah

Kompas.com - 24/11/2017, 09:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tidak hanya menjual, para penjual pelek-pelek variasi di sepanjang pinggir Jalan Abdul Muis, di Tanah Abang, Jakarta Pusat juga menawarkan jasa tukar tambah. Dengan cara ini, ongkos yang dikeluarkan calon pembeli bisa dikurangi. Namun dengan imbalan ia harus menyerahkan pelek lamanya.

Kendati demikian, tidak semua penjual mau menerima semua jenis pelek. Karena penjual juga akan melihat kondisi maupun model. Hal ini dilakukan semua penjual pelek yang ada di sepanjang Jalan Abdul Muis.

"Kalau motif lama harga juga rendah. Kalau pelek asli yang mau ditukar, tergantung jenis mobilnya," kata salah seorang penjual, Katon saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (23/11/2017).

Sejumlah pelek variasi untuk mobil yang dijual di salah satu kios di kawasan Jalan Abdul Muis, Tanah Abang, Jakarta Pusat.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah pelek variasi untuk mobil yang dijual di salah satu kios di kawasan Jalan Abdul Muis, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Menurut Katon, pelek asli yang biasanya bisa ditukar tambah adalah pelek bawaan dari mobil-mobil tertentu, seperti Toyota Alphard ataupun Vellfire. Pelek asli dari kedua mobil ini biasanya masih dihargai di kisaran Rp 4 juta.

Sehingga bila ada pembeli yang menginginkan pelek variasi seharga Rp 6 juta, ia hanya perlu mengeluarkan ongkos Rp 2 juta.

Sedangkan pelek asli Innova ataupun Avanza generasi terbaru biasanya dihargai sekitar Rp 2 juta.

"Tapi kalau pelek Innova atau Avanza model lama tidak bisa ditukar. Karena sudah tidak laku dijual," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com