Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 16:29 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Saat meresmikan proyek tol Becakayu beberapa pekan lalu, Presiden Joko Widodo menumpang sebuah mobil "offroad" bermerek Land Rover. Dalam banyak pemberitaan, mobil yang ditumpanginya ini disebut dengan Jip.

KompasOtomotif tidak menggunakan istilah Jip. Karena lebih berasosiasi ke merek tertentu.

Namun istilah ini ternyata sudah dibakukan menjadi Bahasa Indonesia dan masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sehingga Jip masuk dalam istilah untuk jenis penggolongan kendaraan di Indonesia, selain sedan, minibus, bus ataupun truk.

Baca juga : Jangan Terkecoh, Ini Bedanya SUV dan MPV

Istilah Jip sendiri digunakan untuk kendaraan dengan sebutan Sport Utility Vehicle (SUV). Ada banyak produk SUV yang beredar di Indonesia, salah satunya Toyota Fortuner, tipe mobil yang ditumpangi Ketua DPR Setya Novanto saat mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu.

Tim dari Toyota mulai lakukan investigasi Fortuner yang bawa SetnovStanly Tim dari Toyota mulai lakukan investigasi Fortuner yang bawa Setnov

KompasOtomotif mencoba mengkonfirmasi jenis mobil Fortuner yang ditumpangi Novanto ke Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto. Sesuai yang tertera di STNK, ia menyatakan jenis mobil tergolong sebagai Jip.

"Jenisnya Jip," kata Budiyanto kepada KompasOtomotif, Selasa (21/11/2017).

Namun berbeda dengan Land Rover Jokowi, tak ada pemberitaan yang menyebut Fortuner Novanto sebagai Jip. Sehingga ada semacam ketidakkonsistenan penyebutan. Padahal keduanya sama-sama berjenis SUV yang seharusnya bisa digolongkan sebagai Jip.

Baca juga : Sudah Paham Beda SUV dan Crossover?

KompasOtomotif mencoba berbincang dengan sejumlah pegiat otomotif mengenai hal ini. Salah satunya Dwiko Rayanto, pemilik bengkel custom Casablanca Works yang khusus memodifikasi mobil-mobil "offroad".

Pajero SportStanly/Otomania Pajero Sport

Ia menolak berpolemik lebih jauh mengenai hal ini. Namun ia mengakui Fortuner sebenarnya bisa digolongkan sebagai Jip. Acuannya adalah mobil sejenis dari merek lainnya.

Kebetulan, Dwiko memiliki mobil Mitsubishi Pajero. Ia menyebut di STNK miliknya, mobilnya ini digolongkan sebagai Jip. "Pajero sama Fortuner kan sama (satu tipe)," ujar dia.

Baca juga : Kabar Jeep Siapkan SUV ?Murah?

Sedangkan pemilik Land Rover yang ditumpangi Jokowi, Iwan Kurniawan, menilai seharusnya SUV memiliki istilah penyebutan sendiri. Sehingga tidak perlu digolongkan sebagai Jip.

"Seperti Land Rover (kalau menurut saya) bukan SUV. Karena semua masih shifting manual. Bukan auto seperti SUV," ucap Iwan.

Contoh STNK Mitsubishi Pajero Sport. Terlihat mobil berpenggerak empat roda ini digolongkan sebagai Jip.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Contoh STNK Mitsubishi Pajero Sport. Terlihat mobil berpenggerak empat roda ini digolongkan sebagai Jip.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com