Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Qatar Alami Perubahan Jadwal pada MotoGP 2018

Kompas.com - 17/11/2017, 09:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

KompasOtomotif - Perubahan jadwal terjadi pada penyelenggaraan GP Qatar di Sirkuti Losail yang akan berlangsung pada musim kompetisi MotoGP 2018. Sirkuit Losail masih tetap menjadi seri pembuka. Namun balapan puncak yang digelar pada hari Minggu akan dimajukan dua jam lebih awal.

Mengutip Crash.net, dimajukannya jadwal balapan bertujuan untuk mengantisipasi penundaan apabila terjadi cuaca buruk. Dengan dimajukan dua jam, maka balapan tidak akan berlangsung hingga larut malam kalaupun terjadi penundaan.

Baca juga : Mengenal Sirkuit Losail dari Sisi Pengereman oleh Brembo

Dalam beberapa tahun terakhir, GP Qatar memang kerap dilanda cuaca buruk. Hingga menyebabkan adanya penundaan balapan.

Kondisi lintasan Sirkuit Internasional Losail, Qatar, yang terguyur hujan, Sabtu (25/3/2017).MOTOGP.COM Kondisi lintasan Sirkuit Internasional Losail, Qatar, yang terguyur hujan, Sabtu (25/3/2017).

Perubahan lainnya adalah seluruh rangkaian sesi balapan dari mulai latihan bebas, kualifikasi, hingga balapan puncak akan berlangsung dalam tiga hari, tepatnya dari Jumat hingga Minggu. Sama seperti rangkaian sesi balapan di sirkuit-sirkuit lainnya.

Tadinya rangkaian sesi balapan GP Qatar berlangsung selama empat hari, dimulai dari hari Kamis.

Kamis digunakan untuk satu sesi latihan bebas kelas MotoGP dan dua sesi latihan bebas kelas Moto2 dan Moto3. Sedangkan Jumat digunakan untuk dua sesi latihan bebas MotoGP dan satu sesi latihan bebas Moto2 dan Moto3.

Dengan terjadinya perubahan, maka seluruh sesi latihan bebas pada hari Kamis dan Jumat dipadatkan ke dalam satu hari.

Bila mengacu ke Waktu Indonesia bagian barat, GP Qatar untuk kelas MotoGP selalu dimulai pukul 01.00 dinihari. Dengan adanya perubahan jadwal, maka ke depannya siaran langsung kelas MotoGP akan dimulai pukul 23.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com