Cara dan Posisi Benar Membonceng untuk Wanita - Kompas.com

Cara dan Posisi Benar Membonceng untuk Wanita

Aris F Harvenda
Kompas.com - 15/11/2017, 14:49 WIB
Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi wanita, membonceng motor kerap membuat kikuk. Ada kondisi yang akhirnya memaksa mereka untuk duduk menyamping saat dibonceng.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menjelaskan bahwa pengendara motor membutuhkan konsentrasi tinggi ketika di jalan raya. Jika orang yang dibonceng menghadap ke kiri atau kanan, bisa mengurangi kewaspadaan dan keseimbangan saat berkendara.

"Pembonceng yang menyamping dikhawatirkan dapat mengurangi keseimbangan pengendara," kata Edo kepada kepada awak redaksi beberapa waktu silam.

[Baca juga : Kawasaki Ninja Lagi-lagi Melibas CBR250RR dan R25]

Kondisi motor, lanjut Edo, bisa menjadi tidak seimbang. Salah satu caranya, duduk menghadap ke depan, sama seperti pengendara.

Ilustrasi: Bonceng duduk ngangkang di 
sepeda motor.KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Ilustrasi: Bonceng duduk ngangkang di sepeda motor.
Bukan hanya itu, potensi fatalitas akibat terlontarnya penumpang bisa lebih besar. Sebab, tidak ada keseimbangan, lain halnya dengan yang menghadap lurus ke depan.

"Jadi yang sewajarnya saja, karena semuanya itu sudah diperhitungkan dengan baik, terutama untuk keselamatan dan kenyamanan," ujar Edo.

PenulisAris F Harvenda
EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM