Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara dan Posisi Benar Membonceng untuk Wanita

Kompas.com - 15/11/2017, 14:49 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bagi wanita, membonceng motor kerap membuat kikuk. Ada kondisi yang akhirnya memaksa mereka untuk duduk menyamping saat dibonceng.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) menjelaskan bahwa pengendara motor membutuhkan konsentrasi tinggi ketika di jalan raya. Jika orang yang dibonceng menghadap ke kiri atau kanan, bisa mengurangi kewaspadaan dan keseimbangan saat berkendara.

"Pembonceng yang menyamping dikhawatirkan dapat mengurangi keseimbangan pengendara," kata Edo kepada kepada awak redaksi beberapa waktu silam.

[Baca juga : Kawasaki Ninja Lagi-lagi Melibas CBR250RR dan R25]

Kondisi motor, lanjut Edo, bisa menjadi tidak seimbang. Salah satu caranya, duduk menghadap ke depan, sama seperti pengendara.

Ilustrasi: Bonceng duduk ngangkang di 
sepeda motor.KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWAN Ilustrasi: Bonceng duduk ngangkang di sepeda motor.
Bukan hanya itu, potensi fatalitas akibat terlontarnya penumpang bisa lebih besar. Sebab, tidak ada keseimbangan, lain halnya dengan yang menghadap lurus ke depan.

"Jadi yang sewajarnya saja, karena semuanya itu sudah diperhitungkan dengan baik, terutama untuk keselamatan dan kenyamanan," ujar Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com