Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Sepeda Motor Oktober 2017 “Menghijau”

Kompas.com - 13/11/2017, 12:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan sepeda motor dalam negeri di bulan kesepuluh memerlihatkan hasil positif. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ada kenaikan 1,46 persen dibanding Oktober 2017.

Tren menanjak juga tampak jika dikomparasi dengan bulan sebelumnya, September 2017, di mana ada pertumbuhan 6,03 persen. Meski begitu, ketika diakumulasi secara total Januari-Oktober 2017, jumlahnya masih lebih kecil daripada tahun lalu.

Growth-nya negatif 0,06 persen atau anggap saja 0,1 persen (pembulatan), dengan gap sebesar 2.794 unit. Namun angka selisihnya cukup tipis, tentu saja jika konsisten tumbuh di sisa dua bulan terakhir, bukan tidak mungkin  bakal melampaui atau minimal sama dengan 2016.

Menghabiskan stok 2017, bisa saja banyak promo yang bertebaran di diler-diler merek sepeda motor. Pasalnya akhir tahun juga jadi momen pas bagi yang ingin mencari kendaraan baru, jangan sungkan untuk meminta diskon atau menanyakan promonya.

Baca juga : AISI Masih Realistis Soal Target

Distribusi sepeda motor Januari sampai Oktober  2017 (diolah dari data AISI).Ghulam/KompasOtomotif Distribusi sepeda motor Januari sampai Oktober 2017 (diolah dari data AISI).

Honda Absolut

Dari total lima merek yang bergabung di dalam payung AISI, dominasi distribusi masih absolut dikuasai Honda. Seolah tak tergoyahkan, mereka merebut kue otomotif roda dua dalam negeri sampai 74,67 persen, atau sebanyak 3.673.452 unit.

Kemudian membuntuti pada posisi kedua ada Yamaha, dengan kebagian jatah sebesar 22,63 persen, dengan jumlah unit 1.113.119. Tampak kalau gap antara posisi pertama dan kedua sangat jauh jaraknya.

Pada urutan ketiga, masih koko ditempati oleh Kawasaki dengan kontribusi 1,36 persen (66.910 unit), dan ditempel ketat Suzuki yang punya pangsa pasar 1,33 persen, dan jumlahnya 65,276 unit. Suzuki terus berupaya untuk merebut posisi ketiga motor terlaris dalam negeri, dan harapannya bisa dicapai tahun ini.

Baru kemudian terakhir ada merek asal India yang masih bertahan eksis di dalam negeri, dengan potongan kue 0,02 persen (1.047 unit).

Pangsa pasar sepeda motor Januari sampai Oktober 2017 (diolah dari data AISI).Ghulam/KompasOtomotif Pangsa pasar sepeda motor Januari sampai Oktober 2017 (diolah dari data AISI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com