Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Diskon Mobil Murah Berstatus Lumayan

Kompas.com - 04/11/2017, 09:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Diskon yang diberikan masing-masing model low cost green car (LCGC) menjelang tutup tahun, masih belum menggiurkan. Potongan harga relatif sama seperti bulan sebelumnya, yaitu berkisar Rp 8 jutaan hingga Rp 12 jutaan.

Berbeda dengan segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias mobil sejuta umat, ada yang tembus sampai Rp 30 juta.

Tenaga penjual salah satu diler Toyota di kawasan Jakarta Selatan, yang identitasnya minta dirahasiakan itu menjelaskan bahwa diskon Agya dan Calya untuk periode November 2017 ini hanya Rp 8 juta.

"Kredit dan tunai selisihnya tidak terlalu besar. Kalau kredit bisa dilebihkan tergantung nanti nego lagi," ucap tenaga penjual itu saat dihubungi KompasOtomotif belum lama ini.

Baca juga: Harga Vespa 946 Red Lebih Mahal dari Mobil Murah

Berbeda dengan Daihatsu, pramuniaga salah satu dilernya di kawasan Jakarta Timur memberikan diskon Sigra Rp 9 juta, sedangkan Ayla tembus Rp 12 juta.

"Persediaan unit masih cukup banyak, dan diskon untuk kedua model ini memang tidak terlalu besar sejak beberapa waktu lalu," kata pramuniaga itu.

Harga Daihatsu Sigra naikStanly/KompasOtomotif Harga Daihatsu Sigra naik

Tawaran diskon dari salesman Honda untuk Brio Satya juga tidak terlalu menggiurkan. Konsumen yang ingin membeli mobil murah itu hanya diberikan potongan Rp 10 juta, dan ketersediaan unit masih cukup banyak.

Begitu juga dengan penawaran dari tenaga penjual diler Suzuki. Karimun Wagon R hanya didiskon Rp 12 jutaan, bahkan hanya sampai periode akhir bulan ini.

"Kalau bulan depan, belum tentu bisa sebesar ini. Saya juga belum tahu, apakah bisa lebih kecil atau lebih besar, tergantung kebijakan diler," kata tenaga penjual itu.

Datsun di GIIAS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Datsun di GIIAS 2017.

Terakhir, Datsun tidak menerapkan diskon kepada calon pembeli. Konsumen hanya ditawarkan paket angsuran ringan atau uang muka rendah, serta gratis aksesori.

"Tetapi selama persediaan masih ada, kalau uang muka bisa rendah tergantung nanti permintaan konsumen saja," kata tenaga penjual salah satu diler Datsun di Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com