Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK di Jawa Tengah Rancang Helm “Pintar”

Kompas.com - 03/11/2017, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Brebes, KompasOtomotif – Banyaknya biker yang malas menggunakan helm, membuat lima anak sekolah binaan Astra Motor, SMK 1 Bulakamba berinovasi menciptakan “helm pintar", yang terkoneksi dengan sepeda motor.

Canggih, helm yang dinamakan SCR (Safety Check Rider) Nebula tersebut, membuat motor tidak bisa dihidupkan sampai helm terpakai dengan benar, atau ketika terkunci hingga “klik”. Tentu saja ini bisa membuat pengendara tidak lupa, dan malas menggunakan helm saat berkendara.

“Sering kami melihat orang malas memakai helm, padahal itu merupakan pelindung utama saat naik motor. Karena itu kami tercetus menciptakan helm SCR Nebula ini, biar tidak ada alasan lagi untuk tidak pakai helm,” ujar Jhoni Kuncoro salah satu siswa SMKN 1 Bulakamba yang merancang helm pintar tersebut dalam siaran resminya, Jumat (3/11/2017).

Jhoni Kuncoro bersama empat temannya, yakni Diana Sulistiani, Dimas Khumaedi, Maulana Aziz Saputra dan Arif Saefulah memulai inovasi ini enam bulan yang lalu, hanya dengan bermodal  biaya beli komponen pendukung sebesar Rp 150.000.

Baca juga : Astra Honda Motor Diakui Hebat di ASEAN dan Asia

Lebih lanjut, helm pintar tersebut punya rangkaian modul elektornik di bagian dalamnya, yang tersambung melalui jaringan wireless dengan motor. Kemudian, mereka memodifikasi jaringan tersebut agar sinkron dengan sistem kelistrikan pada sepeda motor.

Selain bisa mendorong pengendara menggunakan helm, ide kreatif tersebut juga bisa mencegah sepeda motor dari aksi pencurian. Pasalnya, motor tidak akan menyala dan akan menimbulkan suara, jika helm belum terpasang dengan benar.

“Singkatnya helm ini seperti peringatan pada sabuk pengaman di dalam mobil keluaran terbaru. Hanya saja bedanya, kalau helm ini membuat mesin tidak akan menyala. Modul yang kami sematkan ke dalam motornya mirip sistem alarm pada kendaraan,” ujar Jhoni.

Jhoni

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com