Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang.

Transportasi ke Tokyo Motor Show, Bisa Naik Kapal Laut

Kompas.com - 26/10/2017, 11:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif -  Penyelenggaraan Tokyo Motor Show (TMS) 2017 berlansung tahun ini, mulai dari tanggal 27 Oktober sampai 5 November 2017. Ini merupakan penyelenggaraan yang ke-45 kali, sejak dilaksanakan perdana di 1954, atau 63 tahun yang lalu.

Seperti yang juga terjadi kalau ada pameran otomotif di dalam negeri, kemacetan jadi momok mengerikan ketika menggunakan mobil pribadi. Di Indonesia juga tidak banyak akses angkutan umum, tapi di TMS pengunjung bisa memilih mulai dari kereta, bus bahkan sampai jalur laut.

Kereta

Bagi yang ingin ke sana, terutama orang-orang asal Indonesia, tidak perlu khawatir, cukup banyak tersedia alternatif angkutan. Kereta dengan jalur Rinkai Line, yang dioperasikan oleh  Tokyo Waterfront Area Rapid Transit.

Jika naik dari Osaki Station turun di Kokusai-Tenjijo (13 menit), dan jalan kaki ke venue hanya sekitar tujuh menit. Sementara untuk yang dari Shin-Kiba Station (JR, Subway) ke Kokusai-Tenjijo, waktu tempuhnya hanya 5 menit saja. Setelah turun di Kokusai-Tenjijo, jalan kaki ke venue hanya 7 menit saja.

Jalur kereta menuju lokasi Tokyo Motor Show (TMS) 2017.Istimewa Jalur kereta menuju lokasi Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Sementara untuk yang menggunakan jalur Yurikamome, tujuan akhirnya adalah di stasiun Kokusai-Tenjijo-Seimon yang hanya berjarak tiga menit ke lokasi TMS. Untuk mencapai Kokusai-Tenjijo-Seimon  bisa dari Shimbashi Statation (JR, Subways) yang waktu tempuhnya sekitar 22 menit.

Kemudian, jika perjalanan dimulai dari Toyosu Station (Subway) hanya butuh delapan menit sampai ke Kokusai-Tenjijo Seimon Station, dan tinggal jalan tiga menit untuk sampai ke Tokyo Big Sight.

Bus Darat dan Laut

Bagi yang berminat menggunakan akses bus, ada Toei Bus yang tersedia di Tokyo Station (Marunouchi South Exit, Yaesu Exit, Japan Rail), dan butuh waktu sekitar 40 menit untuk sampai di Tokyo Big Sight. Kemudian bisa juga naik bus dari Monzen-Nakacho Station yang waktu tempuhnya lebih dekat, atau sekitar 30 menit.

Akses bus Tokyo Motor Show 2017.Istimewa Akses bus Tokyo Motor Show 2017.

Lalu, jika langsung menuju lokasi TMS dari bandara, ada Airport Bus (Limousine Bus dan Keihin Kyuko Bus ). Dari bandara Haneda kemungkinan waktu untuk sampai ke Tokyo Big Sight sekitar 25 menit. Sedangkan dari Narita Airport, bus mengantarkan hanya sampai Tokyo Bay Ariake Washington Hotel dalam waktu 60 menit, dan jalan kaki sekita 3 menit ke TMS.

Kemudian ada juga Express Bus, bagi yang akan memulai perjalanan dari Yokohama Station  (East Exit, JR) untuk sampai ke Tokyo Big Sight, dengan lama perjalanan bisa sampai 50 menit.

Sementara untuk jalur laut bisa menggunakan Tokyo Cruise Ship, yang bisa diakses dari Hinode Pier, yang lokasinya sekitar 7 menit jalan kaki dari JR Hamamatsucho Station. Lama waktu untuk sampai ke Tokyo Big Sight melalui jalur ini mencapai 25 menit.

Tak dianjurkan bawa mobil pribadi

Pihak penyelenggara Tokyo Motors Show (TMS) 2017 sendiri, tidak menganjurkan para pengunjungnya untuk menggunakan mobil pribadi. Pihak penyelenggara TMS menyebut, tempat parkir di area Tokyo Big Sight memiliki kapasitas terbatas.

“Kami mengantisipasi kemacetan parah di jalan selama periode pertunjukan. Oleh karena itu, kami menyarankan agar pengunjung bisa memanfaatkan transportasi umum jika memungkinkan,” tulis pihak penyelenggara di situs resmi TMS

Tersedia bus di sekitaran wilayah Tokyo Motor Show.Ghulam/KompasOtomotif Tersedia bus di sekitaran wilayah Tokyo Motor Show.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com