Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelumas Pertamina Jangkau Italia dan Afrika Selatan

Kompas.com - 19/10/2017, 11:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen pelumas dari Indonesia, Pertamina Lubricants, terus mengepakan sayap menjangkau pasar global. Pada Senin (16/10/2017), Pertamina Lubricants meresmikan kerja sama baru dengan dua mitra asal Italia dan Afrika Selatan.

Pertamina Lubricants menandatangani kontrak kerja sama dengan Italian Petrol Company untuk pemasaran pelumas Pertamina di Italia selama tiga tahun. Kontrak dengan estimasi nilai 3 juta dollar Amerika Serikat (AS) itu dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Lubricants Afandi dengan CEO Italian Petrol Company Alessando Adinolfi.

Pelumas Pertamina obral diskon di IIMS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Pelumas Pertamina obral diskon di IIMS 2017.

Kerja sama kedua ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Direktur JEBRS 13 Group Jarred Deacon dengan Afandi. JEBRS 13 Group akan menjadi distributor Pertamina di Johannesburg, Afrika Selatan.

Kedua penandatanganan itu dilakukan di Kantor Kementerian Perdagangan yang disaksikan oleh Direktur Jendral Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda serta jajarannya dari Pertamina Lubricants.

Dua mitra baru memperluas jangkauan global Pertamina Lubricants yang selama ini sudah masuk ke 14 negara di dunia. Afandi mengatakan mencari rekanan mumpuni jadi kunci menjajaki pasar potensial di seluruh dunia.

“Kami yakin, pelumas Pertamina dapat bersaing dengan baik dan akan terus berupaya membawa Pertamina mendunia,” kata Afandi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com