Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Jasa Marga Jelang 100 Persen Non Tunai

Kompas.com - 10/10/2017, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Transaksi 100 persen non tunai pada semua ruas tol sesaat lagi akan berlaku penuh. Namun jelang penerapan pada 31 Oktober 2017, masih ada sedikit ganguan yang dihadapi.

Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengatakan, di sisa waktu dua minggu ini setidaknya ada beberapa poin yang harus diantisipasi.

"Sebenarnya bukan masalah, tapi lebih ke cara mengantisipasi. Pertama itu soal peredaran kartu yang dijadikan uang elektronik dan kedua masalah pengisian ulang (top-up)," kata Herry kepada KompasOtomotif, Senin (9/10/2017).

Menurut Herry, masalah ini sebenarnya lebih ke pihak bank, namun harus dicari solusinya bersama. Hal paling krusial mengenai sosialisasi top-up uang elektronik, Herry berharap masyarakat tidak menggandalkan pengisian ulang di jalan tol.

Menuju 100 persen transaksi elektronik jalan tolStanly/KompasOtomotif Menuju 100 persen transaksi elektronik jalan tol

Baca : Transaksi Non Tunai Tol Sudah 75 Persen

"Kita minta pihak bank untuk sosialisasi jaringan top-up. Melakukan isi ulang di tol kalau bisa dihindari, karena memakan waktu lama, masyarakat bisa melakukan pengisian di luar tol, atau lebih baik gunakan fasilitas e-banking," ujar Herry.

Sedangkan untuk masalah ketersedian dan peredaran kartu, Herry meminta pihak bank konsisten dalam penyediaan di sisa waktu dua minggu menuju penerapan penuh non tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com