Ganti Busi, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak? - Kompas.com

Ganti Busi, Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak?

Stanly Ravel
Kompas.com - 10/10/2017, 13:02 WIB
Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).Ghulam/Otomania Busi iridium (kiri) dan busi biasa (kanan).

Jakarta, KompasOtomotif - Selain pelumas mesin, busi juga menjadi komponen penting bagi mobil. Karena itu, pengecekan dan perawatan sangat penting dilakukan agar mobil tetap "tokcer" saat digunakan.

Busi juga merupakan komponen yang memiliki masa pakai. Artinya, dalam kurun waktu tertentu wajib diganti baru agar fungsi untuk membakar campuran bahan bakar bisa maksimal.

Lantas apa patokan ideal pergantian busi, apakah dari jarak tempuh atau berdasarkan waktu.

Menjawab hal ini, Diko Oktaviano selaku Aftermarket Technical Support NGK Busi Indonesia, menjelaskan, sebenarnya kedua hal tersebut bisa dijadikan referensi, hanya tinggal melihat kondisi pemakaiannya saja.

Baca : Dosa Pengendara Bikin Usia "Disc Brake" Cepat Aus

"Kalau dari pihak produsen mobil biasanya dibatasi dari jarak, tapi dari kami tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal. Bila ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari sikon saja," kata Diko kepada KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Menurut Diko, sikon yang dimaksud lebih ke kondisi jalan dan pemakaian kendaraan. Bila seperti di Jakarta yang selalu bertemu kemacetan dan mobil lebih sering diam dibandingkan berjalan bisa diantisipasi untuk mengganti dari waktu pemakaian.

Busi NGKStanly/KompasOtomotif Busi NGK

Namun hal tersebut juga harus melalui pengecekan lebih dulu dan tergantung dari kondisi mobil serta jenis busi yang digunakan. Contoh busi iridium, jelas memiliki kemampuan lebih dibandingkan busi reguler, lalu mengenai kondisi mobil, apakah dalam keadaan standar, atau sudah dimodifikasi yang arahnya ke urusan performa.

"Seperti yang saya bilang, faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti khususnya pengguna di Jakarta lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali. Bila memang sudah tidak baik, bisa segera ganti untuk jaga-jaga tanpa tunggu jarak yang sudah ditentukan," ucap Diko.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM