Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilio yang Pakai Rotator Berstatus Calon Anggota Komunitas

Kompas.com - 10/10/2017, 10:02 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif.com - Buntut dari kasus pengendara Mobilio yang menggunakan rotator berselisih paham dengan pengendara lain, komunitas Mobilio meminta maaf. Ini terjadi setelah beredarnya kasus tersebut di media sosial dan adanya stiker komunitas tersebut di kaca depan Mobilio yang bermasalah.

"Pengurus Mobilio Community Region Bogor Cianjur Sukabumi (Bocimi) memohon maaf atas tindakan calon anggota tersebut dan saat ini proses aturan di internal tetap dilanjutkan. Kami ucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan oleh masyarakat, ini sebagai bentuk perhatian terhadap kami dalam tertib berlalu lintas di jalan raya," jelas Syam Dwi Zulkarnaen, Ketua Region Mobility Bocimi dalam pernyataan yang dikeluarkan komunitas Mobility Region Bocimi, Senin (9/10/2017).

Dalam surat pernyataan tersebut juga disebutkan bahwa benar kendaraan Mobilio yang tersangkut kasus adalah calon anggota mereka yang telah membayar biaya registrasi, dan telah mengikuti kegiatan kopi darat (kopdar) sebagai bentuk syarat untuk bisa melakukan registrasi. Namun belum sempat diajukan permohonan nomor ID ke pengurus pusat.

Pihak komunitas Mobilio juga tidak membenarkan tindakan calon anggota mereka tersebut dalam peraturan internal komunitas. Pelanggaran ini akan diproses lebih lanjut secara aturan internal organisasi.

Baca : Lagi, Pengendara dengan Rotator Bikin Onar di Jalanan

Komunitas Mobilio Bocimi juga mengungkapkap pihaknya tidak pernah menganjurkan kepada seluruh anggotanya untuk meggunakan aksesori rotator selama melakukan perjalanan di jalan raya, baik perjalanan pribadi maupun organisasi. Pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi berdasarkan aturan internal organisasi.

Pihak komunitas Mobility Bocimi selalu mengingatkan member mereka untuk tertib dalam berkendara. Ini dilakukan baik berkendara pribadi maupun bersama-sama.

Soal stiker komunitas yang tertempel di kaca depan Mobilio yang tersangkut kasus, pihak Mobility Bocimi menjelaskan hal tersebut merupakan kebijakan internal pengurus dimana calon anggota yang telah membayar biaya registrasi akan diberikan starter kit sebagai bentuk pengawasan terhadap seluruh anggota dan calon anggota.

Pengemudi Mobilio yang tersangkut kasus dikatakan telah meminta maaf melalui pengurus atas tindakannya dan berjanji tidak akan mengulanginya di kemudian hari.

Baca : Sudah Tahu Arti Warna Lampu Rotator?

Sebelumnya diberitakan, pengendara Mobilio tersebut terlibat cekcok dengan pengendara lain di depan Pasar Cibinong, Senin (9/10/2017). Pengendara Mobilio tersebut dikatakan menggunakan rotator, menyalakan klakson secara terus menerus dan berkendara membahayakan pengendara lain.

Kasus ini kemudian diceritakan dalam akun media sosial Facebook Raka Fadliansyah Castigliano-Amos, dan mendapat perhatian warga dunia maya, sebelum akhirnya viral di berbagai media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com